Menu

Awasi Penerapan Protokol Covid-19, Tim Monitoring di Objek Wisata bakal Dibentuk

  Dibaca : 198 kali
Awasi Penerapan Protokol Covid-19, Tim Monitoring di Objek Wisata bakal Dibentuk
PANTAI PADANG— Para pengunjung menikmati suasana di Pantai Padang. Saat ini, Pantai Padang mulai ramai dikunjungi oleh masyarakat.

AIAPACAH, METRO
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Arfian mengatakan, pihaknya akan membentuk tim monitoring dan evaluasi terkait penerapan protokol Covid-19 di sejumlah objek wisata. Pasalnya, hingga saat ini, sejumlah tempat wisata belum menerapkannya.

“Kami akan memberikan teguran sampai tiga kali kepada kelompok masyarakat pengelola objek wisata. Jika tetap membandel, maka diberikan sanksi berupa denda dan maksimal sanksi yang diberikan usahanya akan ditutup,” ujar Arfian di dalam diseminasi informasi Media Center melalui aplikasi zoom, Rabu (17/6).

Menurutnya, untuk sanksi denda ditentukan minimal Rp1,5 juta dan maksimal Rp2,5 juta sesuai dengan Peraturan Wali Kota Padang Nomor 49 tahun 2020 tentang Pola Hidup Baru.
Sebelumnya, Kasatpol PP Padang, Alfiadi telah meninjau kawasan objek wisata Pantai Air Manis, Selasa (16/6). Peninjauan ini dalam rangka untuk melakukan pengawasan terkait ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta penerapan protokol pencegahan Covid-19.

Alfiadi mengatakan, bahwa objek wisata perlu dilakukan pengawasan dalam operasionalnya sesuai dengan aturan dan norma-norma yang berlaku. “Perlu kita awasi, baik pedagangnya maupun pengunjung. Sehingga para PKL yang berada di lokasi tidak berjualan di daerah yang dilarang. Serta pengunjungnya tidak pula melakukan hal-hal yang terlarang seperti perbuatan yang mengarah pada maksiat,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, Satpol PP selaku petugas penegak perda perlu intens melakukan pengawasan ke objek wisata pantai. Hal tersebut dilakukan guna memberikan pelayanan dan kondisi yang tertib bagi pengunjung maupun pedagang setempat.

Alfiadi mengimbau masyarakat yang ingin berwisata ke Pantai Air Manis serta kawasan objek wisata lainnya, agar menjaga keindahan serta kebersihan. Dengan begitu diharapkan, bisa membuat pengunjung tetap rindu dengan lokasi yang dikunjungi. Serta tidak melakukan perbuatan yang bertentangan dengan norma-norma yang berkembang di tengah-tengah kearifan lokal masyarakat Kota Padang.

Dalam beberapa tahun belakangan, untuk menambah daya tarik bagi pengunjung, Pemko Padang terus melakukan perbaikan dan pembenahan infrastruktur yang ada di Pantai Air Manis. Kemudian, saat ini akses ke lokasi Pantai Air Manis juga dipermudah dengan telah dibuka jalan baru dari arah Batang Arau.

Dengan semakin bagusnya pantai ini, tentu semakin tinggi animo masyarakat datang dan menikmati keindahannya. Untuk itu, perlu dilakukan pengawasan dan pemantauan baik dari penataan serta kegiatan pengunjung yang ada di lokasi ini. (tin/ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional