Close

Awasi Pembangunan dan Aset, Pemkab Bersama Kejari Tanahdatar Teken MoU

TANDA TANGAN—Bupati dan Kajari tandatangani nota kesepakatan.

TANAHDATAR, METRO–Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan Kejaksaan Negeri Tanah Datar menandatangani perjanjian kerja sama bidang perdata dan tata usaha negara, Selasa, (14/6) di gedung Indojolito Batusangkar   Per­janjian kerja sama dilakukan Bupati Tanah Datar Eka Putra, Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Datar Hardijono Sidayat, Asisten, Kepala OPD terkait dan Kabag di lingkup Sekretariat Daerah Tanah Datar.

Bupati Eka Putra me­nyampaikan apresiasinya terhadap Kejari Tanah Datar yang telah merencanakan dan memberikan ruang waktunya untuk menjalin kerja sama pada bi­dang perdata dan tata u­saha negara.  Eka Putra jelaskan kesepakatan yang di tandatangani meliputi pemberian bantuan hukum dalam bidang perdata dan tata usaha negara, pendampingan kegiatan pembangunan dan pengadaan barang/jasa di lingkungan pemkab Tanah Datar.

Patut diketahui penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) ini perlu dilakukan, agar semua tugas kepemerintahan berjalan baik sesuai dengan rencana bersama demi kemajuan Kabupaten Tanah Datar.  “Sinkronisasi semacam ini merupakan sarana untuk menjaga dan mempererat hubungan  kedua pihak, untuk langkah dalam penyelesaian ma­salah hukum di lingkungan pemkab Tanah Datar,” kata Eka Putra.

Dikatakan Eka Putra, dengan adanya perjanjian bidang perdata dan tata usaha negara ini jika terjadi pelanggaran hukum ri­ngan, tentu ada pertimba­ngan lain untuk tidak me­lanjutkan perkaranya. Melainkan melalui mu­sya­warah bersama terlebih dahulu atau duduk berembuk dengan mengedepankan komunikasi mencari solusi atas permasalahan hukum yang dihadapi.

Sebelumnya, Kejari Tanah Datar Hardijono Sidayat, katakan lewat MoU ini sa­ngat banyak fungsinya. Salah satunya yaitu mendukung kinerja Pemda Ta­nah Datar, melindungi aset dan jalannya pembangu­nan.

“Penandatanganan ini adalah semacam proses awal untuk memberikan jaminan hukum lebih baik ke depan. Sekaligus untuk mempererat tali silaturahim antara Pemkab dan Kejari demi terwujudnya kelancaran penyelenggaraan pemerintahan,” kata Kajari.

Dia juga akui sebenarnya rencana ini sudah lama direncanakan, namun sebelumnya sudah ada beberapa OPD yang bekerjasama melakukan perlindungan hukum  dalam me­laksanakan kegiatan pembangunan dan pengadaan barang/jasa, semoga kedepannya melalui MoU ini akan lebih aman dan lancar tanpa terkendala permasalahan hukum, tutup­nya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top