Close

Awasi Balimau, 700 Personel Polresta Padang Disiagakan

polisi bersenjata
PADANG, METRO–Menyambut Ramadhan 1437 Hijriah, sebagian masyarakat melakukan tradisi balimau yang identik dengan mandi-mandi di sungai maupun di laut. Untuk mengantisipasi insiden yang mengakibatkan korban jiwa, Polresta Padang menempatkan dua pertiga personelnya di beberapa titik lokasi pemandian dan mendirikan posko keamanan dan melakukan pemantauan terhadap masyarakat yang balimau.

Kapolresta Padang AKBP Chairul Aziz mengatakan, untuk pengamanan balimau, Polresta Padang menurunkan 700 personel, yang nantinya akan dibagi di beberapa lokasi objek wisata. Hal itu dilakukan untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Diprediksi, puncak balimau terjadi Minggu sore. Kami akan menempatkan personel untuk mengawasi masyarakat, terutama anak-anak yang juga ikut balimau di sungai,” ungkap AKBP Chairul Aziz, Sabtu (4/6).

Chairul Aziz menambahkan, pada pengamanan balimau itu, sekitar delapan titik lokasi pemandian yang akan kita awasi dengan menempatkan personel berpakaian lengkap dan menyebar intel. “Untuk Kota Padang yang dijadikan lokasi balimau adalah, Pantai Padang, Pantai Aiamanih, Lubuk Paraku, Lubuk Minturun, Air Terjun Lubuk Hitam Bungus, Pasir Jambak, Pantai Caroline, Pantai Nirwana, dan lokasi pemandian lain,” jelas Kapolres.

Disebutkan mantan Kapolres Dharmasraya ini, pada saat balimau juga berorientasi terjadinya kerawanan seperti, tingkat kerawanan seksual dan premanisme yang bisa saja mengarah pada tindak pidana kriminal. “Kita mengimbau agar yang pergi balimau tetap hati-hati.

Di sana bisa saja terjadi pelecehan seksual karena mandi-mandi sampai malam dengan pacarnya yang bisa mengundang kejahatan. Kemudian kerawanan lain premanise, pemalakan, pungutan liar, dan juga korban tenggelam,” tutur AKBP Chairul Aziz.

Ia menilai, balimau dengan melakukan  mandi-mandi di pemandian bukanlah kewajiban umat Islam. Untuk ia mengajak dan mengimbau pada masyarakat Kota Padang sebaiknya tidak mengikuti kegiatan itu.
“Itu bukanlah kewajiban umat Islam sebelum melaksanakan puasa.

Kalau mau mandi bersih bisa di rumah masing-masing, tidak harus mandi di sungai atau di pantai. Kerawanan akan tinggi, lebih baik mandi di rumah,” ajaknya.

Polresta Padang dalam melakukan pengamanan patang balimau tidak akan melakukannya sendiri. Untuk memudahkan pengamanan dan Polresta Padang akan berkoordinasi dengan Pemko Padang. (rg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top