Menu

Awal Tahun 2021 dan HUT Kabupaten, Solsel Terima Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

  Dibaca : 83 kali
Awal Tahun 2021 dan HUT Kabupaten, Solsel Terima Dana Hibah Rehab Rekon BNPB
JEMPUT BOLA— Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda, Pj Sekdakab Dr H Fidel Efendi, Kalaksa BPBD Richi Amran, Kepala Bappeda Yul Amri dan pejabat Pemkab Solsel saat jemput bola ke Graha BNPB Jakarta.

SOLSEL, METRO
Awal tahun 2021 dan bertepatan dalam suasana Hari Jadi Kabupaten (HJK) Solok Selatan (Solsel), Ketua DPRD Kabupaten Solsel Zigo Rolanda itu melakukan aksi gerak cepat dengan cara jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Selain dana hibah Rehab Rekon, Zigo beserta pejabat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solsel ini juga mengupayakan dana siap pakai (DSP) BNPB yang bisa dimanfaatkan kabupaten itu dalam berbagai hal.

“Semoga DSP yang ada di BNPB bisa kami bawa pulang, ini merupakan hari kerja pertama di tahun ini. Pertemuan ini diadakan terkait mitigasi bencana dan penanganan pascabencana banjir dan longsor di Solsel pada 2019, yang mengakibatkan kerugian dan kerusakan terhadap beberapa infrastruktur yang ada,” ujar Ketua DPRD Solsel, Zigo Rolanda, Selasa (5/1).

Dia menjelaskan, pertemuan diadakan pada Senin kemaren di Graha BNPB, Jakarta. Di mana turut serta dalam kegiatan itu yakni Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Solsel Dr H Fidel Efendi, Kalaksa BPBD Richi Amran, Kepala Bappeda beserta rombongan dan tim TAPD.

“Inisiatif ini dilakukan supaya sumber dana tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat Solsel terutama yang terdampak banjir dan longsor 2019. Kami menemui beberapa pejabat di BNPB,” ungkap Zigo.

Di Graha BNPB, Zigo bertemu dengan Sestama BNPB, Harmensyah dan Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Rivai. “Alhamdilllah, dari hasil pertemuan itu. BNPB berjanji segera mentransfer dana hibah bantuan Rehab Rekon ke Rekening Daerah selama Solsel mampu menyiapkan dokumen perencanaan atau detail Engineering Design (DED) yang di bebankan pada APBD Solsel,” kata Zigo.

Tidak hanya terkait itu, dalam pertemuan itu juga dibahas beberapa kebutuhan mendesak dan darurat terkait usulan Pemkab Solsel mengenai bantuan Pembangunan Hunian Tetap (Huntap) bagi rumah warga terdampak di dua kecamatan.

Dikatakannya, Sestama BNPB, Harmansyah juga menawarkan beberapa kegiatan lain di BNPB yang disinergikan di Solsel, seperti pembenahan alur sungai dan irigasi terdampak bencana melalui DSP BNPB.

Zigo Rolanda berharap agar kedepan tidak ada lagi bencana yang masif di Solsel seperti yang terjadi pada 2019. “Dengan mitigasi yang bagus. Pihak BNPB juga akan segera melakukan perbaikan pasca bencana di Solsel dalam waktu dekat,” sebut Harmensyah, yang sampaikan Zigo Rolanda. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional