Menu

Awal Februari, Ada Pelatihan Gratis bagi Masyarakat

  Dibaca : 110 kali
Awal Februari, Ada Pelatihan Gratis bagi Masyarakat

SAWAHLUNTO, METRO
Pemerintah Kota Sawahlunto bakal menggelar pelatihan gratis bidang otomotif, bangunan, garmen, welding dan tata boga bagi masyarakat. Tak hanya dapat ilmu, usai dilatih, para peserta juga mendapatkan sertifikat.

Pelatihan ini dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Penamaan Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSP Naker). Tujuannya adalah untuk mendorong angkatan kerja muda memanfaatkan peluang bisnis berbasis informasi dan teknologi.

Kepala Bidang tenaga Kerja PMPTSP Naker Kota Sawahlunto Indra Syamsi mengatakan, pelatihan kerja dan sertifikasi tahun 2021 ini membuka kesempatan pelatihan di bidang Otomotif, Bangunan, Garmen, Welding dan tata boga. “Saat ini telah dibuka pendaftaran sekaligus seleksi administrasi bagi calon peserta sesuai minat bidang yang akan diikuti,” kata Indra, Senin (18/1).

Dia menjelaskan, sesuai ketentuan Kementerian Tenaga Kerja, setiap bidang minimal 16 orang peserta. Pelatihan dilaksanakan secara gratis, peserta tidak dipungut biaya. Dia menyebutkan, sosialisasi pelatihan telah disampaikan ke seluruh desa dan kelurahan. Persyaratan secara umum berupa potokopi ijazah, potokopi ijazah, sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna. “Usia peserta minimal 15 tahun dan tidak sedang mengikuti jenjang pendidikan formal,” ujarnya.

Dia menambahkan, peserta akan mengikuti pelatihan selama 25 hari kerja. Pelatihan dilaksanakan di BLK pada awal Februari mendatang. Peserta akan diberikan sertifikat. Selain itu juga diberi kesempatan mengikuti uji kompetensi oleh BLK Provinsi Sumbar. Serta magang di tempat sesuai dengan paket yang dipilih. “ Untuk masyarakat yang membutuhkan mengembangkan diri dan memiliki keinginan berwirausaha, ayo segera mendaftar jangan sampai terlambat,” pungkasnya. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional