Close

Avanza Remuk Ditimpa Pohon di Kota Payakumbuh, 5 Penumpang Luka-luka Dilarikan ke RS, 1 Orang Dirujuk ke Padang

TERTIMPA POHON— Mobil Avanza yang membawa sembilan orang penumpang tertimpa pohon tumbang di Payakumbuh. Lima orang luka-luka dilarikan ke rumah sakit.

PAYAKUMBUH, METRO–Tragis. Satu unit mobil Toyota Avanza dengan pelat nomor BM 1806 QG tertimpa pohon tumbang saat melaju di jalan Jenderal Sudirman, tepatnya depan Faraq Cell atau Bengkel Cat Ai, Kelurahan Tigo Koto Dibaruah, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.

Akibatnya, mobil yang berisi 9 orang penumpang terdiri dari 7 orang dewasa dan 2 orang anak-anak yang merupakan warga Kota Pekanbaru, Provinsi Riau itu ringsek akibat ukuran pohon yang menimpa mobil itu berukuran besar. Sementara, warga yang melihat kejadian itu, langsung berdatangan ke lokasi untuk membantu mengevakuasi para penumpang.

Setelah berhasil dikeluarkan dari dalam mobil, lima orang korban yang mengalami luka-luka langsung dilarikan ke rumah sakit. Meski kondisi Jalan dinihari itu cukup lengang, namun karena evakuasi material pohon, membuat akses jalan terhambat, mengakibatkan macet cukup panjang.

BPBD Kota Payakumbuh yang mendapat informasi langsung turun ke lokasi yang juga ikut dibantu oleh BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, Satpol PP dan Damkar, serta pihak Kepolisian melakukan evakuasi mobil yang tertimpa pohon dan memotong serta membersihkan pohon tersebut, sehingga beberapa jam kemudian akses jalan sudah dapat dilewati kembali.

Kalaksa BPBD Payakumbuh, Erizon mengatakan, mobil avanza ini datang dari arah Pekanbaru dengan tujuan berlibur ke Alahan Panjang. Sesampai di lokasi, tiba-tiba sebatang pohon berukuran besar tumbang dan menimpa mobil ini.

“Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (22/10) sekitar pukul 02.00 WIB. Akibatnya lima penumpang mengalami luka-luka, bahkan seorang di antaranya bernama Edy Mulyana (57) mesti dirujuk ke M Jamil Padang untuk mendapatkan perawatan intensif. Sementara, korban luka lainnya mendapat perawatan di RSUD Adnan Payakumbuh,” kata Erizon, Minggu (23/10).

Erizon menjelaskan, pohon tumbang ini juga menimbulkan kemacetan panjang di kawasan itu. Pihaknya bersama tim gabungan kemudian bergerak cepat untuk melakukan pembersihan material pohon tumbang dan mengevakuasi mobil dari lokasi. Lebih satu jam bekerja, material pohon sudah bersih dan akses jalan kembali normal.

“Mobil korban mengalami rusak berat dan dibawa dengan mobil derek ke Pekanbaru. Pohon tumbang itu diduga disebabkan angin kencang yang disertai hujan. Kepada masyarakat, kami mengimbau untuk waspada,” jelas Erizon.

Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda juga langsung melihat korban ke RSUD Adnaan WD dan memberikan semangat serta dukungan moril, serta memfasilitasi pengobatan dan sarapan bersama-sama korban.

“Kecelakaan bisa kapan saja terjadi. Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada terhadap kondisi cuaca yang saat ini sering hujan disertai angin ribut. Tetap waspada saat melewati pohon-pohon besar yang beresiko terhadap keselamatan kita bersama,” harap Rida. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top