Close

Audy: Kejuaraan Renang Beri Efek Ekonomi, Wagub Apresiasi Klub Lumba Lumba-Intrust

KALUNGKAN MEDALI— Wagub Sumbar Audy Joinaldi mengalungkan medali kepada perenang yang meraih medali di ajang Kejuaraan Renag antar klub se Sumatera.

PADANG, METRO–Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy memberikan apresiasi penuh atas suksesi terselenggaranya Kejuaraan Renang Antar Club se Sumatera yang diselenggarakan Intrust dan Club Renang lumba-lumba di kolam re­nang Teratai Kompleks GOR H Agus Salim, Senin (10/1).

Wagub Sumbar Audy Joinaldy menilai, melihat efek dari turnamen ini selain untuk penyaringan bakat perenang muda berbakat bagi Sumbar juga akan memberikan efek meng­gerakkan ekonomi bagi masyarakat Kota Pa­dang tentunya. Kenapa tidak, para peserta kejuaraan renang ini berdata­ngan dari provinsi yang ada di seantero Pulau Andalas ini, tentu di Kota Padang mereka berbelanja. Kemudian, sesudah me­ngikuti kejuaraan mereka diyakini akan menikmati objek objek wisata yang ada di  Sumbar.

”Terima kasih kita ucapkan kepada panita pelaksana yang telah menggelar kejuaraan renang antar klub se- Sumatera. Mudah-mudahan ke depannya bisa diagendakan sebagai iven tahunan dan kita akan ca­rikan bapak asuhnya,” kata Wagub Audy yang didam­pingi Kadispora Sumbar Dedy Diantolany, usai mem­berikan medali kepada atlet.

Ia menambahkan, dari pernyataan peserta yang datang berbagai daerah di Sumatera, seperti Medan, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Sumsel, Jambi dan Bengkulu, Lampung  dan daerah lainnya mereka sangat antusias dalam me­ngikuti kejuaraan renang yang diadakan oleh Intrust dan club renang lumba-lumba.

”Dikarenakan didaerah mereka juga jarang Iven seperti ini. Akan tetapi kita  menghimbau, tetap menjaga protokol kesehatan (pro­kes) dan mewaspadai virus omicron yang telah mulai mewabah,” sebut Audy.

Senada dengan itu, Ka­dispora Kota Padang Afriadi mengatakan, dirinya juga mengapresiasi karena melihat ini sangat potensial dalam pencarian bakat dan mengukur potensi atlet renang yang dimiliki di Kota Padang maupun dae­rah lain di Sumbar.

”Selain itu, kejuaraan ini berdampak menambah pendapatan daerah ( PAD) kota Padang. Disisi lain juga akan memberikan efek pe­ningkatan perekonomian di Kota Padang termasuk tingkat hunian hotel yang meningkat,” kata Audy.

Afriadi menyebut, Iven ini juga telah melalui memenuhi persyaratan dan izin yang lengkap.  “Maka dari itu saya dilantik baru dua hari sebagai Kadispoda juga memberikan rekomendasi pemakaian tempat izin pemakaian venue pertandingan,” tandas man­tan Kadinsos Kota Padang itu.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Ir Reri L Tanjung mengatakan, ke­juaraan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pres­tasi atlet, karena sistem pertandingan menggu­na­kan standar nasional. Kemudian, menyampaikan ke masyarakat bahwa re­nang merupakan olahraga positif dan olahraga pres­tasi.

“Tak lupa, kejuaraan ini dalam rangka meningkatkan tali persaudaraan dan hubungan antar clup re­nang di Sumatera,” sebut Reri yang juga mantan Direktur Teknik PDAM Kota Padang ini.

Sekretaris Pelaksana Damsir mengatakan, perlombaan ini secara teknis  dilakukan dalam pembagian kelompon umur (KU), mulai umur 9 tahun hingga KU senior 19 tahun keatas. Peserta yang akan ikut dalam kegiatan ini seba­nyak 400-an perenang yang datang dari club-club di Pulau Sumatera. Juara U­mum akan mendapat Piala Wakil Gubernur Sumbar. “Kepada seluruh peserta diberikan sertifikat dan medali emas, perak serta perunggu untuk para juara 1 hingga 3,” ujar Reri. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top