Menu

Audy Joinaldy Bercerita Panjang Produsen Ratu Buah Sumbar

  Dibaca : 247 kali
Audy Joinaldy Bercerita Panjang Produsen Ratu Buah Sumbar
Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy menjalin silahturahmi dengan Ketua Kelompok Tani Idola Satu, Arman Zebua, di daerah Jorong Simpang Tigo Nagari Ranah Pantai Cermin Kecamatan Sangir Batanghari Kabupaten Solok Selatan.

SOLSEL, METRO–Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy menjalin silahturahmi dengan Ketua Kelompok Tani Idola Satu, Arman Zebua, di daerah Jorong Simpang Tigo Nagari Ranah Pantai Cermin Kecamatan Sangir Batanghari Kabupaten Solok Selatan, Jumat malam, 16 Oktober 2020.Arman Zebua merupakan salah satu produsen buah manggis terbesar di Sumbar. Tak-tanggung, omset yang didapatkan oleh Arman mencapai puluhan miliar rupiah. Bahkan, produksi manggis miliknya di ekspor ke luar negeri seperti, Cina, Korea, Thailand hingga benua Eropa.

Tidak hanya memproduksi dalam bentuk buah utuh, manggis milik Arman ini diolah secara tradisonal menjadi sirup, jus, bahan pewarna, dan obat-obatan kapsul dari ekstrak kulit manggis.

Sebagai informasi, Kementrian Perindustrian menetapkan Kabaputen Solok Selatan, Sumbar, sebagai salah satu pusat produksi manggis di Indonesia yang dilansir dari Bisnis.com.

Sayangnya, Audy belum bisa meninjau langsung perkebunan sang ratu buah yang memiliki luas sekitar ratusan hektar ini. Hal ini terjadi dikarenakan jadwal kunjungan yang padat di daerah Kabupaten Solok  Selatan. Walaupun akhirnya, Milenial Manang ini  hanya dapat mendengarkan cerita dari Arman tentang kondisi pertanian Manggis di Sumbar terkhususnya Sosel.

Sementara Itu, Arman menegaskan agar pemerintah daerah memberikan perhatian serius terhadap potensi besar yang dimiliki buah manggis ini. Ia berharap kepada pasangan calon gubernur (Cagub) dan Cawagub, Mahyeldi-Audy Joinaldy dapat memberikan dukungan ke pertanian Sumbar terutama dalam memperluas jaringan pasar internasional buah manggis ini. “Harapan kita bisa direspon produk manggis ini bisa di ekspor keluar negeri tanpa harus melalui pihak ketiga,” harap Arman.

Menanggapi hal tersebut, Audy melalui programnya  akan membantu pertanian dalam arti luas di Sumbar terkhususnya buah-buahan dari hulu hingga ke hilir. “Ke depannya kita akan bantu, melalui penyediaan bibit, penyuluhan, subsidi bantuan pupuk atau pelatihan hingga menjalin kerjasama dalam produksi dan pemasaran,” kata entrepreneur sukses ini.

Selain itu, Audy mengharapkan kedepannya Sumbar dapat melahirkan petani-petani berbakat di seluruh penjuru kabupaten dan kota yang saling bekerjasama dalam meningkatkan ekonomi sektor pertanian. “Saya harap kedepanya ada Arman Zeibua lainnya dengan Komoditas Kabupaten Sumatra Barat,” harap Audy. (rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional