Close

Aturan Pembayaran Pajak Progresif Kendaraan Bermotor Berubah, Samsat Padang Siap Pacu Penerimaan Pendapatan

Mistar (Kepala UPTD Samsat Padang)

GOR, METRO–Untuk mengoptimalkan pemungutan pajak ken­daraan bermotor di Kota Padang, UPTD Samsat Ko­ta Padang memberlakukan pe­rubahan pajak progresif, yang semula berdasarkan KK sekarang berdasarkan NIK.

“Pajak progresif ini me­ru­pakan kebijakan Pemprov Sumbar. Pungutan berdasarkan KK membuat masyarakat kurang animo. Sekarang dengan patokan berdasarkan NIK, mudah-mudahan animo ma­sya­rakat meningkat dalam membayar pajak,” ucap Kepala UPTD Samsat Pa­dang Mistar, Kamis (21/7).

Apalagi ungkap Mistar, selain karena aturan pajak progresif yang memberatkan masyarakat, juga karena pengaruh Covid-19. Sehingga harapan ke depan, dapat meningkatkan Pen­dapatan Asli Daerah (PAD) Sumbar.

Cara lainnya Samsat Padang meningkatkan pen­da­patan adalah dengan me­maksimalkan Samsat Keliling, Samsat Drive Thru­ dan program-program lainnya yang telah berjalan.

Adanya berbagai kemudahan yang dijalankan, bermanfaat sekali untuk memecah pelayanan pembayaran pajak masya­ra­kat, supaya tidak menumpuk di kantor Samsat GOR H Agus Salim.

“Target PKB tahun 2022 sebanyak Rp294 miliar. Hingga Semester I sudah mencapai target 54 persen. Karena pencapaian kita lebih, maka bertambah menjadi Rp318 miliar hingga akhir 2022. Maka dari itu, kita maksimalkan semua upaya dengan memudahkan masyarakat, agar target tahunan tercapai,” tandasnya. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top