Menu

Atom Center Kini Kumuh dan Bau Pesing

  Dibaca : 682 kali
Atom Center Kini Kumuh  dan Bau Pesing

foto HL
IMAM BONJOL, METRO–Kumuh, kosong dan berbau pesing. Itulah kondisi saat ini di lantai II Atom Center yang berada di Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Padang Barat. Bekas-bekas kayu yang terbakar pun dibiarkan begitu saja.

Tak ada yang bisa dipergunakan dari bangunan itu lagi. Sebab, atapnya pun sudah tidak ada, sehingga kalau terjadi hujan air langsung merambat ke bangunan tersebut.

Saat POSMETRO melangkah menaiki jenjang ke lantai II bangunan Atom Center tersebut, Kamis (18/2) kemarin, suasana hening saat itu mulai terasa. Tidak tampak satupun kehidupan disana, yang ada hanya sebuah peninggalan bangunan bekas dipakai oleh pemiliknya dahulu dan juga ada beberapa bekas kayu yang terbakar, sebab memang dulunya sempat terjadi kebakaran di sana.

Mencoba menulusuri lebih dalam lagi ke tiap-tiap sudut bangunan itu, terlihat dindingnya pun sudah mulai menghitam serta ada retakan-retakan dan atapnya pun kini sudah tidak ada lagi. Mengelilingi bangunan lantai II itu harus berhati-hati, sebab setiap langkah kaki terasa tersendat akibat kerikil serta benda-benda tajam yang ada disana, seperti paku dan pecahan tajam semen dinding bangunan itu.

Tidak sampai di situ saja, hidung ini pun tidak bisa berbohong, sebab bau menyengat sangat terasa saat berada di atas lantai II tanpa diketahui asalnya. Bangunan ini mungkin ditinggal dan tidak lagi ditempati usai kebakaran tiga tahun silam. Namun dilihat kasat mata, seolah-olah bangunan ini sudah ditinggal ratusan tahun yang lalu, karena disana sudah mulai tumbuh rumput liar di sudut bangunan tersebut.

Jika diperhatikan, bangunan ini sangat rugi sekali apabila dibiarkan begitu saja, sebab kalau dibangun ulang lagi, bisa dibuat beberapa petak toko yang bisa digunakan lagi nantinya. Sebelum terjadi, Atom Center digunakan untuk banyak aktifitas, seperti pernah digunakan sebagai Kantor Dinas Pasar Kota Padang dan berdampingan dengan salon-salon di sebelahnya.

“Sudah lama bangunan ini dibiarkan begitu saja, lebih kurang tiga tahun yang lalu, sejak kebakaran dulu. Sampai saat ini, tidak ada aktivitas disana. Yang ada hanya aktifitas di lantai I saja. Memang kadang-kadang ada sebagian warga memanfaatkan bangunan itu sebagai tempat buang air kecil dan pembuangan sampah,” jelas Reno (30), pekerja di salah satu toko yang ada di lantai I Atom Center.

Menurutnya, pemerintah diharapkan memperbaiki bangunan ini supaya Atom Center kembali ramai. Dia menilai, dengan diperbaikinya bangunan itu, nantinya bisa juga meningkatkan perekenomian pedagang yang ada disini. Mudah-mudahan Pemko bisa membangun ulang lagi bangunan ini.

“Terserah apa yang dibuat oleh pemerintah, asalkan ini bisa menjadi salah satu pusat keramaian Kota Padang ke depannya,” katanya.

Begitu juga dengan Endo (33), pria yang sudah lama bermain dan melakukan aktifitas di sekitaran Atom Center ini. Dia mengatakan, Atom Center sekarang sangat beda sekali dengan dahulu.

”Dahulu itu, tempat ini banyak sekali aktifitas berdagang oleh masyarakat, mungkin sebagian orang sangat mengetahui dimana itu Atom Center, namun sekarang inilah yang terjadi, berantakan dan terbengkalai sekali kelihatannya,” jelasnya. (cr13)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional