Menu

Atlet Binaraga Sumbar, Iwan Samurai, Atlet Butuh Dana Latihan, Bukan Kunjungan

  Dibaca : 52 kali
Atlet Binaraga Sumbar, Iwan Samurai, Atlet Butuh Dana Latihan, Bukan Kunjungan
Iwan Samurai

PADANG,METRO–Atlet binaraga Sumbar Iwan Samurai mengaku dikunjungi rombongan KO­NI Sumbar di tempat lati­hanya, kemarin. Namun, menurut atlet langganan emas PON ini, dia sangat membutuhkan dana, untuk  kebutuhan latihannya.  Ke­napa tidak, karena ajang PON XX Papua 2021 hanya menyisakan tiga bulan lagi. Artinya, atlet butuh duku­ngan dana untuk kebu­tuhan asupan gizi dan sup­lemen guna menghadapi rutinitas latihan. Bukan, sekadar ba­sa-basi kunju­ngan.

“Jika hanya dengan ba­sa-basi kun­jungan dengan membawa buah tangan berupa  telur, tidak berpe­ngaruh untuk latihan. Apa­lagi, untuk target pero­lehan medali,” tutur Iwan, Rabu (9/6).

Ia mengaku tak tersan­jung bila dikunjungi dengan modal buah tangan telor tersebut.”Kalau sekadar telor sudah ada yang mem­bantu setiap hari. Seandai­nya KONI  mengucurkan dan alatihan minimal Rp 20 juta baru saya bangga tanda ada perhatian KONI. Ini cuma telor sebanyak 48 butir,” ujar legenda Bina­raga Sumbar.

Iwan mengakui, setiap hari ia mem­butuhkan dana latihan Rp250 ribu, untuk membeli menu asupan gizi, susu, vitamin dan suple­men lainya. Sehingga,  s­e­tiap bulan ia membutuhkan dana sebesar Rp6 juta. Jika, hanya mereka datang de­ngan membawa telor, apa­kah bisa mendulang emas di PON nanti. Ini bukan memotivasi, tetapi sebalik­nya, sementara PON sudah di depan mata.

Prestasi Iwan Samurai jangan ditanya lagi, dia dua kali PON men­dulang me­dali emas buat Sumbar. Tapi apa yang dia dapatkan selama mem­bela daerah­nya, jadi ASN honor sudah kena PHK.”Saya seka­rang lebih fokus ke usaha saja. Keluarga perlu bi­aya hidup yang harus dipenuhi,” ujar Iwan.

Lalu bagaimana per­sia­pan menuju PON XX Papua, menurutnya de­ngan waktu tiga bulan mustahil meraih prestasi terbaik. Jangan medali emas, medali pe­runggu saja sulit men­da­pat­kannya. Bahkan, Iwan secara jujur mengung­kap­kan, dia latihan hanya se­kadar buat olahraga saja lagi. Sejak hak atlet dibayar satu bulan itu pun diberi separuh, langsung hilang motivasi latihan.

Selain itu ratusan atlet PON Sumbar yang telah tergabung dalam Pelat­prov PON Sumbar juga mengharapkan yang sa­ma, yakni dana. Bahkan, atlet PON Sumbar yang berasal dari 25 cabang olahraga (Cabor) itu saat ini sangat kejelasan uang bulanan senilai Rp 4, 310 juta.

Sedangkan, atlet sudah masuk Pelatprov PON se­lama 4 bulan, dari Januari hingga April 2021. Sehingga atlet telah menjalani Pelat­prov PON selama 4 bulan. Tapi hanya menerima sebu­lan uang bulanan Rp2, 7 juta. Dan itu sekadar kebu­tuhan lebaran atlet ke­marin. Se­hingga untuk lati­han mereka atlet minus kembali.(boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional