Menu

Athari Gauthi Tarik Dana Pusat Untuk Daerah, Rp 3,4 Milyar untuk Program P3TGAI di Dharmasraya

  Dibaca : 91 kali
Athari Gauthi Tarik Dana Pusat Untuk Daerah, Rp 3,4 Milyar untuk Program P3TGAI di Dharmasraya
Athari Gauthi

DHARMASRAYA, METRO
Anggota Komisi V DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN), Athari Gauthi Ardi berhasil menarik dana pusat sebesar Rp 3,4 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR RI) guna membiayai sejumlah program peningkatan perekonomian masyarakat di kabupaten Dharmasraya yang juga daerah pemilihan (Dapil 1) Sumbar.

Athari berkomitmen membantu masyarakat di tengah situasi pandemi yang berdampak cukup signifikan terhadap kehidupan masyarakat. Bukti komitmen tersebut ditunjukkan Athari dengan mendorong terwujudnya Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) pada tahun anggaran 2020 dan 2021.

Salah satunya program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) atau program penguatan petani pemakai air (P3A). Program ini, disalurkan Athari ke Kabupaten Dharmasraya yang disebar di beberapa kecamatan, yakni sebanyak 17 paket dengan nilai masing-masing Rp 3.4 miliar.

“Alhamdulillah. Untuk tahun 2020 dan 2021 ini buk Athari telah bisa menarik dana pusat sekitar Rp 3,4 miliar untuk membiayai sejumlah program peningkatan perekonomian petani dan masyarakat. Baik tahun anggaran 2020 dan 2021. Di tahun-tahun berikutnya diharapkan program serupa akan disebar juga di daerah-daerah lain. Utamanya di Dapil 1,” ujar Sekretaris PAN Periode 2015-2020, Alizar Can kepada Posmetro di Pulau Punjung Minggu (1/5).

Sebelumnya, lanjut Alizar, Bu Athari telah menyampaikan kepada kita bahwa program P3TGAI adalah program padat karya guna memberikan dampak pada perputaran ekonomi masyarakat kecil yang semuanya dikelola langsung oleh masyarakat secara swadaya.

“Sehingga, kehidupan ekonomi masyarakat bawah itu berjalan dengan baik serta normal. Di samping menambah lapangan kerja baru, tentu menambah penghasilan masyarakat kecil khususnya petani. Uang dari negara kembali ke masyarakat, untuk stimulus perekonomain masyarakat kecil. Sehingga, ekonomi terjaga di tengah pandemi Covid-19 ini,” Ini yang disampaikan bu Athari kata Alizar  Can.

Alizar Can menyebutkan bahwa anggaran sebesar Rp. 3.4 milyar ini merupakan alokasi anggaran pusat yang dibawa Anggota Komisi V DPR RI asal dapil Sumbar 1, Athari Gauthi Ardi bersama PUPR RI melalui BWS V Sumbar.

“Dana Rp. 3.4 miliar ini disalurkan  dua tahap, yakni pada  2020 dan 202,” ujar Alizar yang juga anggota DPRD Dharmasraya periode 2004-2009 itu.

Untuk tahap pertama lanjutnya, pada tahun 2021 sebesar Rp. 1.4 miliar untuk 7 titik sebar dan telah direalisasikan ke kelompok P3A di Dharmasraya

Selanjutnya pada tahap kedua di tahun 2021, Athari kembali mengalokasikan progtam tersebut dengan anggatan sebesar Rp. 2 miliar dengan sebaran sebanyak 10 titik di Kabupaten Dharmasraya.

“Program ini, untuk peningkatan dan perbaikan saluran irigasi dilahan pertanian. Kalau saluran irigasi pertanian tertata bagus, air pun akan mengalir ke pelosok-pelosok nagari dan sangat membantu khususnya bagi petani Dharmasraya, “ jelasnya

Ke depannya lanjut Alizar, Wasekjen DPP PAN, Athari juga sudah membawa sejumlah program ke Sumbar, khususnya di Dapil 1 Sumbar. Di antaranya program bedah 1.000 rumah tidak layak, serta pembangunan dan perbaikan irigasi dalam program penguatan petani pemakai air (P3A). Selain itu, Athari juga menyebutkan ada program Kota Tanpa Kumuh (KoTaKu) di 5 titik di Sumbar, dengan nilai Rp 1 miliar.

“Secepatnya program bedah rumah tidak layak huni juga akan dilaksanakan di Dharmasraya, semoga ini bisa segera terwujud,“pungkasnya

Sementara itu, Ketua Kelompok PGA Nagari Sikabau Kecamatan Pulau Punjung  mengucapkan terima kasih atas bantuan program padat karya yang diberikan ibu anggota DPR RI, Athari Gauthi Ardi.

“Tentunya ucapan terima kasih atas bantuan dari bu Athari melalui program-program ini. Kita berharap, semoga semua yang baik-baik dapat dibalas Allah atas kebijakan pemimpin peduli masyarakat kecil seperti bu Athari ini, “ ujarnya

Terpisah Ketua Kelompok PGA Simalidu Berkah Kecamatan Koto Salak, Purwanto mengungkapkan bahwa mamfaat program P3TGAI sangat dirasakan oleh masyarakat.

“Ini program yang sangat mendukung kebutuhan masyarakat, apalagi program ini dikelola oleh kelompok Tani maupun kelompok masyarakat, “ ujar Purwanto

Semoga dengan bantuan dari Bu Athari Gauthi Ardi ini dapat membantu upaya peningkatan hasil panen petani.

“Kita doakan agar hasil panen petani-petani kita di Dharmasraya berlimpah dan berkah” pungkasnya (gus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional