Menu

Atasi Kerawanan Pangan, Pemkab Lima Puluh Kota Bangun Lumbung Padi

  Dibaca : 75 kali
Atasi Kerawanan Pangan, Pemkab Lima Puluh Kota Bangun Lumbung Padi
PELETAKAN BATU PERTAMA— Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo saat peletakan batu pertama pembangunan lumbung pangan Gapoktan Situjuah Batua.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo lakukan kunjungan kerja dan peletakan batu pertama pembangunan lumbung pa­ngan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Situjuah Batua, Nagari Situjuah Batua, Keca­matan Situjuah Limo Nagari, Selasa (31/8).

Pembangunan lumbung pa­ngan yang terintegrasi dengan RMU (Rice Miling Unit) serta diberikan stimulan modal be­rupa gabah, bertujuan agar Gapoktan memiliki kesepakan harga, kemasan dan pasar setelah diproduksi menjadi beras. Salain itu lambung pa­ngan juga bertujuan mengatasi kerawanan pangan di tingkat kecamatan akibat bencana alam.

“Gapoktan memiliki kese­pakatan untuk produksi dan harga berikut dengan pasar­nya. selain itu, bencana alam yang mengakibatkan gagal panen, ini perlu kita antisipasi sejak dini. Dengan adanya beras cadangan pa­ngan nagari kerawanan ter­sebut dapat diatasi. Selan­jutnya akan di­ganti dengan beras cadangan Pemerintah Daerah,” Kata Bupati di Situ­juah Batua.

Ditambahkan Bupati Safa­rud­din, bantuan Pemerintah Pusat ini agar dapat dikelola dengan baik sesuai dengan aturan dan kegunaannya. Prio­ritas penggunaan tenaga kerja yang banyak dari nagari. Pem­bangunan secara swakelola lebih efektif untuk mendorong partisipasi masyarakat dengan swadaya.  ”Swadaya dengan memanfaatkan sumberdaya tenaga maupun finansial. Pem­ba­ngunan secara swakelola padat karya yang dilakukan masyarakat secara bersama-sama,” tambahnya.

Sementara itu, Wali Nagari Situjuah Batua Don Vesky Datuak Tan Marajo mengu­capkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota terkait pemba­ngunan lumbung pangan yang akan menjadi sebuah gerakan ekonomi masyarakat di naga­rinya melalui Gapoktan.

”Alhamdulillah diberikan kepercayaan, dan ini akan kami kelola dengan baik, dan jelas berorientasi kepada kesejah­teran masyarakat dan menjadi sebuah gerakan ekonomi ber­kesinambungan,” tutup DV Datuak Tan Marajo.

Hadir dalam pelatakan ba­tu pertama lumbung pangan Ga­poktan Situjuah Batua, Ke­pala Dinas Pangan, Camat Situjuah Limo Nagari, For­kopimca, Ba­dan Musyawarah Nagari Situ­juah Batua, ketua dan anggota Gapoktan Situ­juah Batua. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional