Menu

Atasi Kerancuan Data, Pemko Padang Sosialisasikan Satu Data

  Dibaca : 204 kali
Atasi Kerancuan Data, Pemko Padang Sosialisasikan Satu Data
SOSIALISASI— Program Satu Data disosialisasikan pada semua OPD Pemko Padang, kemarin.

AIA PACAH, METRO–Banyaknya data kepen­dudukan telah menim­bul­kan kerancuan dalam se­tiap pelaksanaan berbagai program. Diperlukan kesa­maan dan kesatuan data agar pembangunan berja­lan dengan maksimal dan tepat sasaran.

Untuk mewujudkan hal tersebut, saat ini Pemko Padang telah membentuk Forum Satu Data di Kota Padang yang dikoordinir oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bep­peda) Kota Padang. Jumat (11/6), di aula Bagin­do Aziz Chan, Balaikota Padang, program Satu Da­ta Kota Padang ini disosia­lisasikan pada semua Or­ganisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Padang.

“Intinya ke depan, se­mua data tentang kepen­du­dukan Kota Padang ada­lah sama. Sehingga, tidak ada lagi terjadi perbedaan data serta ego sektoral pada setiap OPD,” sebut Kepala Bappeda Padang Yeni Yuliza.

Dalam kegiatan dise­minasi informasi ini, hadir Asisten II Pemko Padang Endrizal, Kepala Badan Pusat Statistik Kota Padang dan Kepala Dinas Pertana­han Kota Padang.

Dikatakan Yeni, nanti­nya, satu data ini bakal dikelola di Forum Data de­ngan Bappeda sebagai koor­dinator. Semua OPD menga­cu dan memakai data ter­sebut. “Ini adalah pe­ngem­bangan dari program satu data Indonesia yang diga­gas di tingkat nasional,” kata Kepala Ba­dan Pusat Statistik (BPS) Pa­dang alfianto.

Asisten II Pemko  Pa­dang, Endrizal mengata­kan, secara nasional, Presi­den Joko Widodo sebe­lum­nya me­nan­datangani Pe­raturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 ten­tang Satu Data Indonesia. Data yang tersedia dalam program satu data adalah data pa­ngan, energi, in­frastruktur, maritim, pen­didikan, kese­hatan, pendi­dikan, eko­nomi, industri, pariwisata, hingga refor­masi birokrasi dan lainnya. Semuanya akan mengacu pada satu data.

“Kita di Pemko Padang sudah lebih dahulu me­mulai program ini sejak du­lunya dengan program Padang dalam angka,” kata Endrizal. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional