Menu

Atasi Banjir, Saluran Drainase di Rawang Dikeruk

  Dibaca : 147 kali
Atasi Banjir, Saluran Drainase di Rawang Dikeruk
ALIRAN AIR— Para petugas dari Dinas PUPR Kota Padang melakukan pengerukan saluran drainase untuk memperlancar aliran air di kawasan Jondul Rawang.

RAWANG, METRO
Kota Padang sekarang sudah memasuki musim penghujan. untuk mengatasi genangan air atau banjir, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Padang melakukan normalisasi di sepanjang saluran drainase di Jondul, Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Rabu (2/9).

Lurah Rawang, Andi Amir didampingi Babinsa Pahala Silitonga meninjau pengerukan sedimen di bandar saluran drainase. Sendimen di dalam bandar dimasukkan ke dalam karung yang bisa pula dimanfaatkan nantinya.

Andi mengatakan, kegiatan pengerukkan di sepajang wilayah Kelurahan Rawang tersebut, untuk mengantisipasi terjadinya genangan air di daerah itu. Dan penggerukan yang dilakukan agar memperlancar aliran air dan menghindari dari sedimentasi tanah, sampah dan rerumputan yang berpotensi menjadi penyebab genangan air.

Andi mengimbau kepada seluruh ketua RT/RW dan masyarakat untuk selalu menjaga dan membersihkan saluran drainase di lingkungan masing masing. “Mari bersama menjaga kebersihan saluran air drainase. Tujuannya untuk kepentingan bersama pula. Larang, jika ada diantara orang yang sengaja membuang sampah pada saluran air. Tujuannya untuk kepentingan bersama,” ungkap Andi.

Ia menjelaskan, masyarakat harus senantiasa bersinergi untuk selalu menjaga dan membersihkan saluran drainase di lingkungannya untuk mengantisipasi terjadinya genangan air. Pencegahan banjir dapat diwujudkan dengan upaya penanggulangan masalah sampah secara gotong royong antar masyarakat dan pemerintah.

“Sampah haruslah menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat, mulailah dari hal kecil. Seperti membuang sampah pada tempatnya, jangan buang sampah pada selokan atau drainase,” harap Andi. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional