Menu

Atasi Banjir, Pemko Solok Bangun Dinding Penahan Tebing

  Dibaca : 111 kali
Atasi Banjir, Pemko Solok Bangun Dinding Penahan Tebing
AJAK DIALOG—Wali Kota Solok Zul Elfian mengajak salah seorang bocah lelaki berdialog di sela-sela kegiatan di lapangan.

SOLOK, METRO
Upaya normalisasi menjadi salah satu cara yang ditempuh pemerintah kota (Pemko) Solok dalam mengatasi banjir di kota yang berjuluk Kota Bareg tersebut. Pendangkalan Batang Lembang akibat sedimentasi bibir tebing yang runtuh bakal diatasi dengan melakukan pembangunan dinding penahan tebing atau laydam di sepanjang dinding sungai yang dianggap titik rawan longsor.

Menurut Wakil Wali Kota Solok, hampir sebagian besar titik-titik yang rawan longsor sudah dipasangi laydam. Memang, upaya normalisasi Batang Lembang sangat mengandalkan bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi. “Secara perlahan, titik-titik yang rawan longsor di sepanjang aliran Batang Lembang sudah diperbaiki, tidak saja untuk mencegah longsor tapi juga untuk memperindahnya,” sebut Reinier.

Menurutnya, dengan sentuhan normalisasi aliran Batang Lembang, secara tidak langsung juga menguak berbagai potensi wisata air. Aliran Batang Lembang bisa dimaksimalkan untuk memperindah kota dan menarik wisatawan.

“Dibalik ancaman musibah banjir, sebetulnya Batang Lembang memiliki potensi pariwisata bagi kota Solok, secara bertahap melalui upaya normalisasi, kita lakukan pembenahan untuk mendukung pengembangan wisata,” sebut Reinier.

Bahkan, Batang Lembang sudah sering dimanfaatkan untuk event wisata seperti pacu rakik di kawasan Koto Panjang, hal tersebut setidaknya bisa dikembangkan dalam konsep yang lebih matang kedepannya. Kalau kondisi Batang Lembang sudah bagus dan bersih, lanjutnya banyak event wisata yang bisa kita angkat kedepannya untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kota Solok.

Reinier berharap, masyarakat ikut menjaga kelestarian Batang Lembang dengan tidak membuang sampah di aliran sungai, sehingga kualitas air bisa lebih baik dan bersih, layak untuk dijadikan penunjang wisata. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional