Close

Aston Villa vs Liverpool, Dilarang Terpeleset

Aston Villa vs Liverpool

Liverpool akan menghadapi Aston Villa pada laga tunda pekan ke-33 Premier League 2021/22, Rabu 11 Mei 2022. Pertandingan Liga Inggris di Villa Park ini dijad­walkan kick-off jam 02:00 WIB.

Liverpool dilarang ter­peleset lagi saat bertan­dang ke markas Villa. Hal itu perlu dilakukan apabila mereka masih ingin meraih juara Premier League mu­sim ini.

Sebelumnya tim asu­han Jurgen Klopp itu dita­han imbang Tottenham, Minggu (8/5/2022). Moha­med Salah dan kawan-ka­wan bermain seri 1-1 di Anfield setelah sempat tertinggal lebih dulu.

Hasil imbang tersebut membuat Liverpool men­jadi tertinggal dari Man­chester City. The Reds kini berada di peringkat kedua dengan nilai 83 dan terpaut tiga angka dari The Citizens.

Liverpool harus mem­bawa pulang tiga poin dari marks Villa apabila masih ingin mengejar Manchester City. Kalau tidak, me­reka bisa mengucapkan selamat tinggal kepada gelar Premier League.

Di sisi lain, Mohamed Salah dan kolega juga ha­rus menunggu hasil yang diperoleh City di sejumlah laga terakhir musim ini.

Liverpool diprediksi ba­kal berupaya mati-matian untuk memetik kemena­ngan atas Aston Villa. The Reds butuh tambahan poin penuh sebab pekan lalu mereka gagal mempe­ro­lehnya.

“Kami ingin meme­nang­kannya [melawan Tot­tenham]. Dengan posisi kami di klasemen, kami ingin semakin dekat de­ngan [juara] liga dan butuh tambahan poin penuh, [mes­kipun gagal] tetapi kami masih berpeluang,” ungkap Fabinho, gelan­dang bertahan Liverpool.

Fabinho berharap tim­nya bakal berjuang lebih keras untuk merengkuh gelar juara EPL, mere­but­nya dari tangan Manchester City.

“Kami berharap me­reka [Man City] kehilangan poin, dan seperti yang saya katakan sebelumnya, kami akan tetap berjuang dan mencoba memenangkan laga selanjutnya melawan Aston Villa,” tambah pe­main asal Brasil tersebut.

Kubu The Reds bisa tampil dengan skuad ter­baiknya demi bisa mencuri poin penuh di Villa Park. Namun, pelatih Jurgen Klopp mesti memutar otak guna menjaga kondisi fisik skuadnya. Ini karena Li­verpool bakal melakoni laga final Piala FA pada pekan depan.

Untuk mencegah kelelahan maupun cedera pemain, di sektor sayap perta­hanan, Klopp dite­ngarai bakal mema­sang Tsimikas dan Joe Gomez. Adapun sektor penyerang tengah akan dise­rahkan pada pe­mu­da Portugal, Diogo Jota.

Di sisi lain, Klopp harus membagi fo­kusnya untuk meng­hadapi dua partai final di depan yakni kontra Chelsea di Piala FA (14/5), dan kontra Real Madrid di Liga Champions (29/5).

Mereka sebe­lum­­nya sudah meng­geng­gam trofi Piala Liga Inggris usai mengalahkan Chel­sea.

Namun, kata Klopp lagi, alih-alih menghitung-hi­tung peluang, dia ingin pasukannya hanya fokus kepada laga di depan mata.

Dengan hanya menyi­sakan tiga laga lagi, Klopp harus memastikan timnya menyapu bersih kemena­ngan, sembari berharap City bakal terpeleset.

“Terus berlari, terus menyerang, dan menang. Kita hanya harus menik­mati laga demi laga, itu sa­ja,” katanya menegaskan.

Di tiga laga tersisa, The Reds akan ditantang Aston Villa, dan Southampton dalam laga tandang, dan kontra Wolverhampton di Anfield.

Klopp mengakui bahwa dirinya sulit memba­yang­kan The Citizens bakal ter­peleset di tiga laga berikut kontra Wolverhampton Wan­derers, West Ham Uni­ted, dan juga Aston Villa.

“Saya tak bisa memba­yangkan (Man City bakal kehilangan poin, Red). Sa­ya ingin berpikir seperti itu, tapi saya tak bisa mem­bayangkannya,” ujar Klopp dikutip BBC.

Tuan rumah Villa, yang diasuh mantan kapten Li­verpool, Steven Gerrard, akan menjadi rintangan pertama The Reds dalam pekan ke-33 Liga Primer di Villa Park, Birmingham, Rabu (11/5) dini hari nanti.

The Villa sedang da­lam performa menanjak bela­kangan ini setelah tak terkalahkan dalam tiga laga terakhir (dua menang, dan sekali seri).

Dua kemenangan ter­akhir yang didapat dari tim papan bawah yakni Norwich 2-0, dan Burnley 1-3.

Aston Villa berharap dapat mempertahankan performa impresifnya. Se­telah meraih kemenangan beruntun atas Norwich dan Burnley, kini mereka diha­dapkan pada tim kuat, Li­verpool.

Kemenangan pun di­per­lukan oleh Aston Villa guna mengangkat posisi­nya di klasemen EPL. Saat ini, The Villans masih terta­han di posisi 11 dengan 43 poin, terpaut 1 angka dari Crystal Palace.

“Kami punya tujuan lebih penting untuk me­ngambil poin maksimal dan naik ke atas klasemen, dan para pemain telah mela­kukannya,” ujar Steven Gerrard, pelatih kepala Aston Villa.

Bagi Gerrard, laga EPL pekan ini merupakan se­suatu yang istimewa. Pa­sal­nya, dia akan melawan tim yang membesar­kan­nya sebagai pemain. Ger­rard telah menjadi legenda Liverpool yang telah mem­perkuat tim tersebut sela­ma lebih kurang 17 tahun.

Namun, Villans punya masalah setiap kali meng­hadapi tim besar. Musim ini, mereka selalu kalah dari tim papan atas. Digebuk Tot­tenham 0-4, ditekuk Man­chester United 1-0, disikat Chelsea 1-3, dan dikalahkan Manchester City 1-2.

Dalam duel pertama kontra Liverpool di Anfield (11/12/21) lalu, Villa kalah 1-0 lewat gol semata-wayang Mohamed Salah. Dan Sa­lah bisa kembali menjadi ancaman dalam duel dini hari nanti.

Jacob Ramsey dipre­diksi bakal absen dari skuad Aston Villa setelah menderita cedera pangkal paha di sesi latihan. Kor­tney Hause dan Leon Bailey juga diragukan bisa tampil.

Pelatih Steven Gerrard juga sepertinya masih akan menyimpan mantan ge­lan­dang Liverpool, Philippe Coutinho masih diragukan untuk tampil yang belum pulih benar dari cedera.

Namun mantan pemain The Reds lainnya, Danny Ings bisa merumput untuk menjadi tandem Ollie Wat­kins di lini depan dalam formasi 4-3-1-2.

Duo striker ini punya potensi merusak ambisi Liverpool merenggut quadruple alias empat gelar juara.

Watkins adalah topskor Villa dengan sepuluh gol, dimana tiga gol berupa gol pembuka. Ings juga me­ngesankan dengan sum­ba­ngan tujuh gol, dengan lima di antaranya gol pem­buka. (*/rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top