Close

ASPPI Targetkan Pariwisata Sumbar Mendunia

PELANTIKAN--Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Sumbar menargetkan Pariwisata Sumbar lebih mendunia setelah terpuruk hampir dua tahun akibat pandemi.

BUKITTINGGI, METRO–Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Sumbar menargetkan Pariwisata Sumbar lebih mendunia setelah terpuruk hampir dua tahun sejak masa pandemi. Ketua DPD ASPPI terpilih, Hade Ranty Juma saat pelantikan pe­ngurus periode 2022-2026 yang dihadiri Dinas Pariwisata Pemkot Bukittinggi, PHRI, HPI, Asita di Bukittinggi, Sabtu (18/6) mengatakan, dengan pelantikan pengurus periode 2022-2026 dapat membantu pe­laku wisata untuk bersama memperkenalkan pariwisata sumbar mendunia, tidak hanya makanan saja tapi objek wisata serta SDM nya juga harus mendunia.

ASPPI Sumbar menurutnya, terdiri dari beberapa pelaku pariwisata baik di bidang travel agent, perhotelan dan homestay, Tour Guide, penyedia kerajinan lokal dan lainnya. “Semua kami yang berkecimpung di dunia pariwisata termasuk media pariwisata Insyallah siap bahu membahu untuk membangun pariwisata sumbar dengan program yang a­kan dirancang pada Rakerda,” kata Hade.

Ia mengatakan salah satu ajang promosi ta­hunan yang akan dilaksanakan adalah MTM 5 dengan tema Empowerman Society and Culture. “Kami akan melibatkan masya­rakat untuk mendukung kegiatan pariwisata se­hingga masya­rakat lokal juga merasakan dampak dari pariwisata, sebagaimana sekarang di Sumbar banyak sekali desa wisata yang sangat potensial untuk dijadikan destinasi wi­sata oleh wisatawan,” kata Ranty.

Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bukittinggi, Hendry mengatakan, ASPPI sebagai mitra kerja pemerintah akan bekerjasama untuk pariwisata lebih baik di Bukittinggi dan Sumbar umumnya.  “Tanpa adanya dukungan dari mitra, pariwisata tidak akan berjalan baik, perkembangan pariwisata meningkat setelah pandemi, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) target semester satu sudah 70 persen, artinya kunjungan meningkat,” kata Hendry.

Ia mengatakan, akan menggandeng pelaku wisata untuk promosi produk Bukittinggi melalui koordinasi yang ditingkatkan. “Bapak Wali Kota juga merencanakan rapat koordinasi bersama semua pe­laku wisata untuk berkomitmen dalam arah tujuan wisata selanjutnya di kota wisata,” kata Hendry.

Sementara itu, Sekretaris umum DPP ASPPI pusat, Rudi Indriawan me­ngatakan pihaknya akan melibatkan semua pelaku pariwisata dalam upaya peningkatan kualitas melalui sertifikasi dan pelatihan serta promosi wisata. “Kita akan libatkan dan ajak semua pelaku pariwisata untuk meningkatkan profesionalisme karena bisa dikatakan dua tahun pandemi membuat aktivitas wisata terhenti sementara, mari kerjasama untuk dapatkan ilmu,” kata Hendry.

Susunan Pengurus ASPPI Sumbar 2022-2026, Dewan Pengawas Daerah yaitu Febby Dt. Banso, M. Iqbal, Tasnim Syahnur. Ketua dijabat Hade Ranti Juma, Wakil Ketua Widya Friyani, Mariance Simarmata dan Hanif.

Sekretaris dijabat Riwayatul Ismi, Wakil Sekretaris Ade Trisna Dewi, Ben­dahara Andri Kurniawan dan Wakil Bendahara Desi Andriani dan Ratmiwati Departemen UMKM Sri Engla, Departemen Ko­perasi Erna Dovita, Departemen IT Nanang Syar­wandi, Departemen Tour Efrison, Departemen Dokumentasi Dwi Adhitya Pa­rameshwara, Departemen SDM dan Litbang Eddi Novra, Departemen Profesi Dan Kode Etik Zulfikri Piter. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top