Close

ASN Wajib Upacara 1 Juni, Tak Hadir, Diberikan Hukuman Disiplin

Ilustrasi ASN

SUDIRMAN, METRO – Meski telah mendekati Hari Raya Idul Fitri dan masuk masa libur, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sumbar wajib untuk masuk kerja pada 1 Juni 2019 mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Jika tidak ikut upacara, akan diberi sanksi sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Seperti diketahui, cuti bersama lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah dijadwalkan jatuh pada 3, 4, dan 7 Juni 2019. Sementara awal libur bagi ASN akan dimulai pada Kamis 30 Mei 2019, bertepatan tanggal merah hari libur nasional Kenaikan Isa Almasih. Sedangkan, jadwal masuk kerja ASN pasca lebaran, pada 10 Juni 2019.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumbar, Alwis mengatakan, ASN diwajibkan mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni mendatang.

Upacara tersebut bersifat wajib yang teruang dalam Radiogram Nomor 091.1/4110/Sj yang ditujukan pada Gubernur, Bupati/Walikota tertanggal 21 Mei 2019.

”Seluruh ASN wajib masuk, kan ada upacara peringatan hari pancasila 1 Juni nanti,” kata Alwis, Senin (27/5).

Di lingkungan Pemprov Sumbar terang Alwis, pihaknya telah membuat surat edaran terkait pelaksanaan cuti bersama hari raya Idul Fitri, dan libur nasional. Dalam surat bernomor 09/ED/GSB-2018 tanggal 30 November tentang hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2019.

Menurut Alwis, ASN yang tidak mengikuti upacara peringatan Hari Libur Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni mendatang akan diberikan hukuman disiplin.

”Ada sanksinya sesuai aturan pegawaian (Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, red),” sebut Alwis.

Dalam dokumen tersebut, jenis hukuman disiplin dibagi ke dalam beberapa kategori, yaitu ringan, sedang, dan berat. Bentuk hukuman ringan seperti teguran lisan maupun tertulis.

Kemudian, hukuman disiplin sedang berbentuk penundaan kenaikan gaji, penundaan kenaikan pangkat, dan penurunan pangkat, masing-masing selama satu tahun. Sementara, untuk hukuman disiplin berat seperti pembebasan dari jabatan, hingga pemberhentian tidak dengan hormat. (mil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top