Menu

ASN Netral, Jaminan Kuatnya Birokrasi

  Dibaca : 73 kali
ASN Netral, Jaminan Kuatnya Birokrasi
Bupati Pasaman, Yusuf Lubis

PASAMAN, METRO
Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non-ASN (Kontrak) di lingkungan Pemkab Pasaman untuk tetap menjaga netralitas dan tidak ikut berpolitik dalam proses Pilkada 2020. Menurutnya, dengan bersikap netral di masa pemilihan Bupati, Wakil Bupati serta Gubernur dan Wakil Gubernur akan menjadi jaminan kuatnya penyelenggaraan birokrasi kedepannya.

“Netralitas ASN dan pegawai lainnya, baik kontrak ataupun honor daerah yang digaji oleh Pemerintah harus netral dan jangan sampai ikut-ikut memihak kepada salah satu calon dalam pilkada 2020,” tegas Yusuf Lubis.

Bupati menegaskan tidak akan segan mengambil tindakan keras terhadap ASN maupun pegawai Pemda lainnya yang tidak netral dalam Pilkada. Sebab, hal itu dilarang oleh undang-undang dan ada sanksi bagi yang melanggar.

“Apabila ada yang terlibat tidak netral, maka saya akan memberikan sanksi yang tegas, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku” kata Bupati.

Dia juga memerintahkan Inspektur Daerah melakukan pengawasan terhadap ASN yang tidak netral dalam pilkada ini, untuk selanjutnya diproses sesui ketentuan yang berlaku.

“Memprosesnya nanti dipimpin langsung oleh Sekretrais Daerah sebagai pejabat yang berwenang dalam melakukan pembinaan terhadap ASN. Kepada kepala BKPSDM, segera sosialisasikan netralitas ASN dalam Pilkada ini,” seru Bupati.

Disamping itu, Bupati meminta para ASN untuk melakukan kewajibannya dengan meningkatkan kinerja dan loyalitas serta bekerja sesuai tupoksinya masing-masing.

Senada dengan Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasaman, Mara Ondak mengancam, akan menindak tegas ASN dan pegawai lainnya yang tidak netral dalam pilkada 2020 sesuai peraturan yang berlaku.

“Saya berharap tidak ada ASN yang tidak netral, karena konsekuensinya cukup berat bagi yang tidak netral, yaitu pemberhentian dengan tidak hormat dari profesinya,” tegas Mara Ondak. (cr6)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional