Close

ASN Harus Waspada Kelola Uang Negara

PDG.PARIAMAN, METRO – Sebagai aparatur negara, termasuk jajaran aparatur nagari tentunya mesti lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan. Pasalnya jika silap  sedikit saja bisa-bisa berurusan dengan masalah hukum.

“Karena yang namanya temuan itu tentunya tidak hanya terjadi karena penyimpangan atau pelanggaran yang dilakukan secara sengaja, namun bisa juga disebabkan karena kelalaian atau kesalahan dalam masalah administrasinya,” kata Camat Enam Lingkung, Rustam, saat kegiatan Bimtek tentang pengelolaan keuangan nagari dan administrasi pemerintahan,  bertempat di Aula Kantor Camat Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman kemarin.

Pantauan koran ini Senin kemarin, Bimtek tersebut menghadirkan nara sumber tunggal, dalam hal ini Alfian, Staf Inspektorat Pemkab Padangpariaman. Dalam paparannya Alfian mengajak seluruh peserta agar lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan nagari. “Sebab salah-salah jika kita tidak berhati-hati maka bisa saja nantinya menjadi temuan sehingga kita pun bisa berhadapan dengan masalah hukum,” terangnya.

Karena itulah tegasnya, dalam mengelola keuangan nagari harus tetap berpijak pada aturan perundangan dan ketentuan yang berlaku.

Lebih jauh Camat Enam Lingkung Rustam menyebutkan, kegiatan Bimtek tersebut sepenuhnya diprakarsai oleh Kantor Camat Enam Lingkung, melibatkan seluruh walinagari dan perangkat nagari yang ada di lingkungan Kecamatan Enam Lingkung.

“Tujuan dari kegiatan Bimtek ini kan jelas, yaitu bagaimana mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih. Begitu pula halnya dalam pengelolaan keuangan, sehingga dengan begitu bisa terhindar dari penyimpangan atau pelanggaran hukum,” terang Camat terbaik tingkat Kabupaten Padangpariaman ini.

Tidak kalah pentingnya Rustam juga berharap dengan adanya kegiatan Bimtek tersebut tentunya bisa menambah pengetahuan para perangkat dan aparatur nagari, sehingga ke depannya mereka  bisa menjalankan tata administrasi secara baik dan benar.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top