Close

ASN Diingatkan Tetap Memperhatikan Kinerja di Kota Solok

EVALUASI KERJA— Wali Kota Solok Zul Elfian di setiap rapat evaluasi selalu mengingatkan ASN terhadap kinerjanya untuk terus ditingkatkan.

SOLOK, METRO–Wali Kota Solok Zul Elfian kembali mengingatkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Solok agar tetap memperhatikan kinerja dalam menjalankan tugas. Apalagi terkait kinerja, setiap ASN telah membuat Sasaran Kerja Pegawai (SKP). Wako Zul Elfian menekankan, SKP hendaknya menjadi perhatian serius bagi pegawai di lingkungan Pe­merintah Kota (Pemko) Solok. Untuk itu lanjutnya, masing masing OPD dalam hal ini Kasubag umum dan kepegawaian untuk membuat SKP setiap tahun yang dibuat diawal tahun.

Sebab lanjutnya pegawai pemerintah wajib mela­kukan pengukuran kinerja melalui sistem pengukuran kinerja dengan membandingkan realisasi SKP dan target SKP sesuai dengan perencanaan kinerja yang sudah ditetapkan.

Menurut Zul Elfian, SKP merupakan salah satu unsur di dalam Penilaian Prestasi Kerja PNS yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP)P No.46 /2011. SKP wajib disusun seluruh PNS/ASN baik Jabatan Fungsional Umum (JFU), Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan pejabat Struktural (Eselon I – Eselon V) sesuai dengan rencana kerja instansi/organisasi yang kemudian dinilai oleh atasan/pimpinan langsung penyusun SKP.

“Penyusunan SKP harus disusun secara bersama sama antara atasan dan staf karena isi SKP nanti akan saling berkaitan. Proses penyusunan SKP harus dilakukan dengan memperhatikan perencanaan strategi instansi pemerintah, perjanjian kinerja, organisasi dan tata kerja, uraian jabatan serta SKP atasan langsung,” ujar Zul Elfian.

Terkait kinerja, Zul Elfian menyebutkan, program-program yang telah diterapkan harus tuntas. Di mata Zul Elfian mamang masih ada keterlambatan realisasi program sesuai dengan yang diharapkan.

Namun ia menegaskan, evaluasi akan terus dilakukan terhadap kinerja pegawai. Untuk itu kepala dinas yang baru dilantik, harus cepat beradaptasi dan mengawal program kerja yang telah direncanakan untuk tahun 2022 dan merealisasikan program tahun 2021 yang masih belum tuntas.

Tujuannya nanti visi, misi, program prioritas dan kegiatan yang sudah ditetapkan dalam RPJMD dapat terealisasi. Ditegaskannya, setiap dinas melaksanakan semua program kerja penuh tanggung jawab, bersung­guh sungguh dengan memegang prinsip kehati-hatian.

Termasuk transparansi dan akuntabilitas agar setiap keberhasilan dalam melaksanakan program dapat diukur dan secara administrasi dan dipertanggung­jawabkan. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top