Menu

ASN Diingatkan Jaga Netralitas

  Dibaca : 105 kali
ASN Diingatkan Jaga Netralitas
Erman Wadison

PESSEL, METRO
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Erman Wadison mengingatkan Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkup Pemkab Pessel agar memahami Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014, untuk menjaga netralitas dalam penyelenggaraan Pilkada 2020.

“Dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN itu disebutkan bahwa setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun,” kata Erman Wadison, Jumat (11/9).

Ia mengungkapkan, persoalan netralitas ASN memang sering muncul pada setiap perhelatan pilkada. Seperti pada pada Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun lalu, Bawaslu Kabupaten Pessel ada menerima pengaduan. Negara tidak pernah mencabut hak ASN di dalam politik, terutama hak memilih, tetapi ada aturan agar ASN tetap netral. “Bawaslu siap menerima laporan dan pengaduan, terhadap ASN terlibat politik praktis,” katanya.

Erman menambahkan, jika ada laporan pengaduan ke Bawaslu, pihaknya akan melakukan proses dan kajian sesuai undang – undang yang berlaku.Hasil kajian itu akan diteruskan dalam bentuk rekomendasi ke Komisi Aparatur Sipil, karena lembaga tersebut yang berhak menentukan sanksinya.

Dalam pengawasan ASN tersebut, Bawaslu selalu koordinasi dengan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). “Setiap minggu kami selalu melakukan pertemuan, dalam rangka membahas persiapan penanganan pelanggaran Pilkada 2020,” kata Erman. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional