Close

Arus Balik Padat, Rest Area Penuh Sampah, Bau Pesing, Kotoran Manusia Berserakan

TAK NYAMAN—Kondisi tollet di KM 398B yang sangat tidak nyaman karena bau pesing karena air habis.

JAKARTA, METRO–Kepadatan arus balik Lebaran sudah mulai terjadi sejak H+2. Namun pada H+3 lebaran, arus balik ma­kin padat lagi. Saking padatnya, aparat kepolisian sengaja menutup rest area, meski dari lahan parkir terlihat masih banyak yang kosong.

Pantauan JPNN.com dari Kamis (5/5) hingga Jumat (6/5), kepolisian sengaja menutup rest area untuk mengurai kemacetan. Saking ma­cet­nya, penerapan one way dimulai dari Tol Kalikang­kung pun langsung diberlakukan kepolisian pada Jumat (6/5), sebelum pukul 07.00 WIB.  Sayangnya, kondisi tersebut tidak mampu mengurai kemacetan.

Sebab, banyak kenda­raan yang parkir di sisi kiri jalan untuk beristirahat karena rest area ditutup. Sejumlah rest area yang sempat JPNN.com pantau, seperti di KM 398B, KM 260B, KM 127B, kondisinya tidak jauh berbeda.

Rest areanya penuh sampah, bau pesing, air habis, dan ada kotoran manusia yang berserakan, baik di toilet maupun tempat sampah.

Fasilitas toilet darurat pun malah lebih jorok lagi. Air yang terbatas, sementara pengunjung sudah kebelet akhirnya nekat buang air besar maupun kecil tanpa menyiramnya. Malah ada yang membungkusnya dengan baju atau celana dan meletakkannya di toilet. Kondisi tersebut membuat pengunjung protes.

Namun, petugas hanya bisa bilang, air habis. Beruntungnya di setiap rest area ada fasilitas toilet fungsional khusus buang air kecil. Di sini tidak ada closetnya, tetapi airnya banyak.

“Syukurlah ada toilet fungsional, enggak pakai antre lagi. Mungkin karena enggak ada closetnya makanya kurang diminati,” kata Elsya, warga Tangerang Selatan. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top