Close

Argentina VS Arab Saudi, Albiceleste Diunggulkan

Pemain Argentina merayakan kemenangan dengan skor telak 5-0 saat menghadapi UEA pada laga pemanasan jelang piala dunia 2022 beberapa waktu yang lalu.

Timnas Argentina akan meng­hadapi Timnas Arab Saudi di Lusail Iconic Stadium pada matchday 1 Grup C Piala Dunia 2022. Pertandingan ini dijadwalkan kick-off Selasa, (22/11) jam 17:00 WIB.

Setelah menjadi kampiun Copa America 2021 dan Finalissima 2022, Argentina kini menjadi salah satu favorit untuk juara di Qatar 2022. Laga melawan Arab Saudi akan menjadi ujian perdana bagi Lionel Messi dan kawan-kawan.

Arab Saudi sendiri adalah tim yang cukup berpengalaman di Piala Dunia. Edisi 2022 ini adalah Piala Dunia mereka yang keenam. Wakil Asia ini tak bisa diremehkan begitu saja.

Namun, jika melihat kualitas skuad hingga perfroma, Argentina tetap layak diunggulkan untuk menang.

Dalam pemanasan terakhir se­belum Piala Dunia 2022, Argentina meremukkan Uni Emirat Arab lima gol tanpa balas. Lionel Messi, Julian Alvarez, dan Joaquin Correa masing-masing mencetak satu gol, sedangkan Angel Di Maria mem­borong dua. Dengan hasil itu, berarti La Albiceleste tak terka­lahkan dalam 36 laga terakhir mereka.

Setelah itu, Argentina memang terpaksa melakukan perubahan pada skuad seiring ce­deranya Nicolas Gon­zalez dan Joaquin Cor­rea. Namun, hal itu di­yakini tidak bakal terlalu berpengaruh pada ke­kuatan Argentina.

Secara kualitas, Tim­nas Argentina ber­sama sang bintang Lio­nel Messi jelas lebih diunggulkan untuk memenangi per­tandingan. Tapi Arab Saudi tentu punya sesuatu yang bisa mereka andalkan guna memberi kejutan atas tim yang paling diunggulkan di Grup C tersebut.

Satu-satunya pertandingan resmi antara Argentina vs Arab Saudi terjadi tahun 1992, tepatnya saat final Piala Konfederasi 1992. Bermain di Stadion Internasional King Fahd, Riyadh, Albiceleste sukses membungkam tuan rumah lewat keunggulan 1-3.

Ketika itu Timnas Argentina bahkan mampu unggul 3-0 terlebih dulu, melalui Leonardo Rodriguez menit 18, Claudio Caniggia menit 24, dan Diego Simeone menit 64. Lalu Arab Saudi baru bisa mencetak gol hiburan semenit usai gol Simeone melalui Saeed Al Owairan.

Sementara 3 pertemuan lainnya antara Argentina vs Arab Saudi terjadi dalam tajuk friendly match. Pada 1988 Argentina menorehkan ke­me­nangan 2-0 dan imbang 1-1 kontra Arab Saudi. Kemudian tahun 2012 bermain imbang tanpa gol di Riyadh.

Jelang pertemuan di Piala Dunia 2022, kubu Argentina jelas kembali diunggulkan. Albiceleste di bawah asuhan Lionel Scaloni memang sempat diterpa masalah jelang tur­namen, menyusul cederanya Joaquin Correa dan Nicolas Gonzalez.

Tapi mereka sudah me­nutupnya dengan pemanggilan Angel Correa dan Thiago Almada. Di sisi lain, Arab Saudi di bawah kendali pelatih Herve Renard menyatakan siap menghadapi Argentina.

Meski punya kans yang lebih kecil, Renard memastikan bahwa Arab Saudi tak akan menyerah begitu saja dan siap membalikkan segala prediksi. “Kami tahu bahwa kami salah satu tim terlemah di Piala Dunia 2022. Tapi saya pastikan siapapun tak akan mudah untuk mengalahkan kami,” kata Renard, dikutip dari laman resmi FIFA.

Lionel Messi diprediksi tetap menjadi pusat permainan Argentina. Dukungan dari Angel Di Maria, Rodrigo De Paul, dan Leandro Paredes bisa membuat Argentina sangat mendominasi laga.

Sedangkan Arab Saudi akan bertumpu pada sejumlah pemain senior yang pernah main di Piala Dunia. Mereka adalah Salman Al Faraj, Yasir Al Shahrani, dan Salem Al Dawsari. (*/rom)

Prediksi Susunan Pemain
Argentina (4-3-1-2): Emiliano Martinez; Nicolas Tagliafico, Nicolas Otamendi, Cristian Romero, Nahuel Molina; Alexis Mac Allister, Leandro Paredes, Rodrigo De Paul; Lionel Messi; Lautaro Martinez, Angel Di Maria.
Pelatih: Lionel Scaloni

Arab Saudi (4-3-3): Mohammed Al-Owais; Yasser Al-Shahrani, Ali Al-Bulaihi, Abdulelah Al-Amri, Sultan Al-Ghannam; Salman Al-Faraj, Riyadh Sharahili, Sami Al-Najei; Hattan Bahebri, Firas Al-Buraikan, Salem Al-Dawsari.
Pelatih: Herve Renard.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top