Close

Arab Saudi Buka Akses dengan Negara Lain, Penyelenggaraan Haji dengan Kuota Terbatas 

SOSIALISASI— Anggota DPR RI Ade Rezki Pratama didampingi Kemenkes, Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Walikota Pariaman dan Ketua DPRD Kota Pariaman sosialisasikan kesehatan haji kepada calon jemaah haji, Kamis (15/9).

PARIAMAN, METRO–Pemerintahan Arab Sau­di kembali membuka akses bagi negara lain untuk menyelenggaraan haji namun dengan kuota terbatas. Untuk Pariaman sendiri hanya tersedia sebanyak 54 orang.   Anggota DPR RI, Ade Rezki Pratama Komisi 9 mengatakan, pihaknya bersama mitra kerja dari Kementerian Kesehatan telah melakukan evaluasi terkait kesiapan jemaah haji.

“Kami bersama de­ngan pemerintah kota Pa­riaman dan pusat kesehatan haji Indonesia mencermati bahwa terkait dengan evaluasi haji memang ada antrian haji yang semakin panjang,” kata Ade Rezki di Pariaman, Kamis (15/9) pada acara sosialisasi kesehatan haji di Kota Pariaman.

Ia mengatakan, kuota untuk Pariaman sendiri ada sebanyak 54 orang. Jumlah tersebut sangat terbatas, hanya 1 per 3 dari serapan pada sebelum pandemi yaitu sebanyak 159 jemaah. “Jadi karena pan­jang­nya antrian, saat ini sebagian besar para calon jamaah haji kita, sudah memasuki usia lanjut atau lansia,” kata Ade.

Untuk itu, kata Ade, umur calon jemaah haji yang banyak berusia lanjut pihaknya bekerjasama dengan pihak pusat kesehatan haji untuk memberikan bantuan kesehatan. Maka dari itu pihaknya melakukan pertemuan de­ngan para calon jemaah haji tersebut dengan memberikan pendampingan ke­sehatan serta cara-cara untuk tetap sehat.

Tidak hanya soal kesehatan dan pendampingan haji saja, DPR RI juga berupaya agar calon jemaah haji dari Indonesia bisa mendapat pelayanan prima dari Pemerintah Arab sendiri. “Karena negara kita penyumbang jemaah haji dengan jumlah ba­nyak, maka Pemerintahan Arab harus lebih memperhatikan jemaah kita,”katanya.

Pihaknya juga telah ber­koordinasi dengan pusat kesehatan haji untuk membuat standarisasi pe­nyelenggaraan haji sebagai bentuk tolok ukur agar ada perlakuan istimewa bagi jemaah haji Indonesia.

Ia berharap ibadah haji yang akan dilaksanakan tahun ini berlangsung de­ngan aman dan jemaah haji tidak mengalami kendala kesehatan. (ozi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top