Close

Aplikasi BukuKas sebagai Solusi Pembukuan di Zaman Digital

Dr. Ir. Tinda Afriyani. MP (Dosen Fakultas Peternakan Universitas Andalas)

Dr. Ir. Tinda Afriyani. MP (Dosen Fakultas Peternakan Universitas Andalas)

Kemajuan teknologi membawa dampak yang signifikan terhadap segala aspek kehidupan manusia. Termasuk di dalamnya me­ngenai transaksi perdagangan, hingga pembukuan laporan keuangan. Pada era atau zaman digital ini, sudah sepatutnya pelaku Usaha Mikro Kecil Mene­ngah (UMKM) mampu da­lam memberikan pencatatan yang baik bagi usaha yang digeluti.

Hal ini diharapkan agar informasi pencatatan ke­uangan yang meliputi pe­ngeluaran dan pemasukan dapat terlihat jelas dan sa­ngat membantu dalam me­ngambil keputusan dalam menentukan langkah yang akan dilakukan. Dalam hal pencatatan laporan keua­ngan, masyarakat umum sudah sangat terbiasa da­lam menggunakan metode manual.

Tetapi semakin ber­kembangnya zaman, ma­syarakat  dituntut untuk bisa lebih kreatif agar segala pekerjaan dapat diselesaikan secara efisien. Salah satu bentuk upaya pengabdian masyarakat agar semakin banyak UM­KM yang dapat melakukan pembukuan bagi usaha­nya yakni yang kami, Dr Ir Tinda Afriani MP, dari Fa­kultas Peternakan Universitas Andalas (Unand) Pa­dang lakukan pada tanggal 23 Oktober 2022.

Kegiatan itu dihadiri oleh seluruh anggota ke­lompok Batu Kalang serta Kepala Keswan Tarusan, Yusril beserta staff. Kegiatan ini digelar dalam rangka pengabdian kepada ma­syarakat di kelompok ternak Batu Kalang Indah yang bergerak pada usaha jual beli ternak sapi di Ampang Pulai, Kecaman IX Koto Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Salah satu bentuk tek­nologi yang dapat membantu masyarakat dalam bidang pembukuan adalah adanya aplikasi BukuKas. Alat yang diharapkan da­pat membantu pencatatan laporan keuangan yang digunakan oleh pelaku UM­KM.

BukuKas adalah aplikasi gratis yang membantu pelaku usaha dalam me­lakukan pencatatan semua transaksi secara detail, memantau arus kas, pencatatan hutang, pengelolaan stok barang dan pe­ngiriman tagihan uang. Pada aplikasi BukuKas, pe­laku usaha dapat memisahkan penjualan dan biaya operasional yang dikeluarkan untuk setiap kanal e-commerce di pembukuan terpisah.

Kelebihan utama yang disediakan oleh BukuKas adalah,  1. Catat transaksi dan rekap otomatis, 2.   Langsung mengetahui untung di tiap penjualan, 3.   Terima dan kirim uang gratis biaya admin Bank, 4.   Memudahkan pantau performa bisnis,  5.   Laporan keuangan otomatis, 6.   Kirim invoice via WhatsApp/ SMS, 7.   Tagih piutang via WhatsApp/ SMS 8.   Kelola stok barang secara otomatis.

Semoga dengan dite­rapkannya teknologi da­lam bentuk pembukuan ini, bisa membantu para peternak dalam mengelola ke­uangan mereka. Karena, dalam beternak, mengelola uang keluar dan masuk menjadi salah satu tanta­ngan tersendiri. Tak sedikit yang gagal beternak karena tidak pandai mengelola keuangan, karena tidak adanya alat bantu seperti BukuKas ini. Hal ini adalah salah satu tugas kami sebagai akademisi untuk membantu masyarakat. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top