Close

Aplikasi “Ayo Ceting” Milik Padang Direplikasi Pemkab Solok

KERJA SAMA— Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr Srikurnia Yati melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama di Aula Kantor Bupati Solok di Aro Suka.

SOLOK, METRO–Aplikasi Ayo Cegah Stunting (Ayo Ceting) milik Pemko Padang akhirnya direplikasi da­erah lain. Daerah yang mereplikasi aplikasi ter­­sebut yakni Pemkab Solok.

Kepala Dinas Ke­sehatan Kota Padang dr Srikurnia Yati, Selasa (23/1). Menurutnya, pi­hak Pemkab Solok me­replikasi aplikasi ini agar masyarakat dapat aktif melaporkan dan memantau kondisi sus­pek sunting di daerah­nya. “Iya, hari ini kita melakukan penan­datanga­nan perjanjian kerja sama dengan Pemkab Solok,” terang Srikurnia.

Penandatanganan ker­ja sama dilakukan di Aula Kantor Bupati Solok di Aro Suka. Hadir dalam penan­datanganan itu Kadiskes Padang, Kabag Kerjasama Setdako Erwin, Kepala Di­nas Kominfo Padang diwa­kili Kabid Inti Fauzan Ib­novi, dan lainnya. Semen­tara Pemkab Solok meng­hadirkan Kadiskes dan Ka­bag Kerjasama.

Pemkab Solok me­repli­kasi aplikasi “Ayo Ceting” milik Pemko Padang bukan tanpa maksud. Pemkab Solok berencana menerap­kan aplikasi tersebut di tiap puskesmas yang ada. Ka­rena itu, dalam proses replikasi ini, keterlibatan Dinas Kominfo kedua belah pihak sangat dibutuhkan, untuk mem­persiapkan pro­ses replikasi dan imple­mentasi aplikasi.

“Semoga aplikasi ini da­pat memberi manfaat dan nilai tambah bagi pela­yanan kesehatan, khusus­nya pena­nganan stunting di Kota So­lok,” harap Ka­bag Kerjasama Setdako Padang, Erwin.

Seperti diketahui, “Ayo Ceting” berbasis aplikasi android yang digagas Pus­kesmas Andalas, Keca­matan Padang Timur. Apli­kasi ini merupakan sebuah inovasi yang meman­faat­kan kemajuan teknologi, sehingga dapat memantau perkembangan ibu hamil hingga usia kelahiran 1000 hari.

Inovasi ini juga berhasil masuk dalam TOP 99 Na­sio­nal Sinovik Inovasi Pela­yanan Publik Tahun 2020. Inovasi tersebut bisa dite­rap­kan di puskesmas-pus­kesmas lain di Kota Pa­dang, sehingga upaya pen­cegahan stunting (gang­guan pertumbuhan pada anak) dapat lebih dimak­simalkan. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top