Menu

APBD Sijunjung Minim, Bupati Bareng Andre Rosiade Keluar Masuk Kementerian

  Dibaca : 135 kali
APBD Sijunjung Minim, Bupati Bareng Andre Rosiade Keluar Masuk Kementerian
SERAHKAN PROPOSAL—Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir didampingi anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade menyerahkan proposal kepada Menkop UMKM Teten Masduki.

SIJUNJUNG, METRO
Minimnya APBD Sijunjung membuat Bupati Benny Dwifa Yuswir harus keluar masuk kementerian untuk menggaet kucuran dana maupun program dari pemerintah pusat untuk dibawa ke Sijunjung. Dalam beberapa waktu belakangan, Bupati Sijunjung itu telah bertemu dengan sejumlah tokoh nasional untuk membahas pembangunan di Sijunjung.

Benny menyadari pembangunan Sijunjung tidak akan bisa terwujud jika hanya mengandalkan APBD saja. Keterbatasan APBD dan rendahnya sumber PAD menjadi tantangan bagi pemerintah daerah untuk terus mengejar target pembangunan di Sijunjung.

“Jika hanya dengan APBD saja, pembangunan apa yang bisa kita lakukan? Belum lagi kondisi anggaran yang direfocusing untuk penanganan Covid-19. Sehingga perlu langkah-langkah untuk berkomunikasi dengan pemerintah pusat agar APBN bisa datang ke Sijunjung,” tutur Bupati Benny Dwifa Yuswir.

Bak gayung bersambut. Andre Rosiade yang merupakan anggota DPR RI asal Sumbar berinisiatif untuk membawa sejumlah kepala daerah di Sumbar bertemu langsung dengan beberapa menteri serta pejabat di kementrian. Sehingga kebutuhan pembangunan di kabupaten/kota di Sumbar tersampaikan dan langsung didengar pemerintah pusat.

Upaya Andre Rosiade tersebut patut diapresiasi. Ditengah kondisi APBD yang terus mengalami refocusing akibat dampak Covid-19 saat ini dan besarnya target pembangunan yang harus diwujudkan, seakan menjadikan dana APBN menjadi “kue” yang diperebutkan.

“Jadi ada beberapa kepala daerah di yang ikut, termasuk kita di Sijunjung. Kita diajak langsung Andre Rosiade untuk audiensi dengan menteri dan pejabat di kementrian. Membahas pembangunan di daerah, diantaranya untuk membangkitkan perekonomian masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19 ini,” tutur Benny.

“Jadi ada lima kementerian yang kita kunjungi. Dalam pertemuan itu kita memaparkan seperti apa kondisi Sijunjung, apa yang dibutuhkan dan sebagainya. Pada masing-masing kementrian kita usulkan program-program yang telah disesuaikan untuk Sijunjung,” jelas Bupati Sijunjung, Benny Dwifa.

Dikatakan Benny, pada kunjungan yang dijadwalkan selama dua hari pada tanggal 12 dan 13 April kemarin, setidaknya ada lima kementrian yang dikunjungi Bupati Sijunjung bersama anggota DPR RI Andre Rosiade serta sejumlah kepala daerah lainnya yang di Sumbar.

Diantaranya, pertemuan dengan Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki. Pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. Pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno. Dengan Dirjend PDN (Perdagangan Dalam Negeri) Kemendag, Syailendra. Pertemuan dengan Dirjend Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian.

Pertemuan itu dilakukan secara langsung pada setiap kementrian. “Iya, kita keluar masuk kementrian. Itu semua dengan Prokes yang ketat. Semoga apa yang kita usulkan di kementrian bisa segera terealisasi. Kita fokus pada perekonomian dan infrastruktur juga. Semuanya untuk masyarakat Sijunjung,” tambah Benny Dwifa. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional