Menu

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, 42 Nagari dari Kabupaten Limapuluh Kota

  Dibaca : 78 kali
Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, 42 Nagari dari Kabupaten Limapuluh Kota
BERSAMA—Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo bersama Ketua ADKI Sumbar Deni Asra dan Ketua ADKI Lima Puluh Kota, Rino Chandra saat webiner dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Guna meningkatkan pe­re­konomian desa wisata di masa pandemi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pa­riwisata dan Ekonomi Krea­tif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong seluruh desa wisata yang ada di Indonesia untuk berpar­tisi­pasi dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Beberapa kategori yang dilombakan di ajang ADWI adalah Ka­tegori Suvenir, Daya tarik wisata, Desa digital, Kon­ten kreatif, Home Stay, CHSE dan Toilet.

Untuk kebangkitan eko­nomi Kabupaten Lima­pu­luh Kota, yang memiliki keindahan alam, adat, bu­daya dan produk ekonomi kreatif masyarakat lokal, Kabupaten yang berba­tasan langsung dengan Provinsi Riau itu me­nga­m­bil kesempatan untuk ikut ajang ADWI 2021.

Dikatakan Bupati Lima­puluh Kota Safaruddin Da­tuak Bandaro Rajo, ADWI merupakan kompetisi kre­a­tif yang perlu di ikuti oleh setiap nagari yang me­miliki potensi dan sudah memenuhi seluruh aspek kategori yang dilombakan oleh Kementerian Pariwi­sata dan Ekonomi Kreatif. Selain itu masing-masing nagari dapat menge­va­luasi kelebihan dan keku­rangan sebagai langkah untuk mengembangkan seluruh potensi nagari de­ngan baik dan berdampak positif kepada pere­kono­mian masyarakat.

“Ini kompetisi kreatif Desa seluruh Indonesia semoga nagari di Kabu­paten Limapuluh Kota yang sudah masuk ke ajang ADWI untuk terus me­ngem­bangkan potensi na­ga­ri yang ada. Tujuannya adalah bukan untuk me­nang atau kalah. Namun lebih kepada sebuah moti­vasi bagi kita semua agar tetap berinovasi untuk  p­eru­bahan ekonomi lebih baik,” kata Bupati Safarud­din usai mengikuti Opening Bimtek dan WorkShop On­line Anugerah Desa Wisata Indonesia bersama Me­n­teri Pariwisata dan Eko­nomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Sala­huddin Uno, di ruang kerja Bupati, Rabu (14/7).

Senada dengan Bupati, Ketua Umum DPD ADKI (Asosiasi Desa kreatif Indonesia) Sumatera Barat, Deni Asra menyebutkan  untuk wilayah Sumbar su­dah seratusan lebih Naga­ri/Desa yang ikut ADWI 2021. Seluruhnya meru­pakan nagari/desa yang memiliki potensi untuk di­kembangkan menjadi desa wisata. Ajang ini sekaligus untuk mendorong restruk­turasi nagari ke arah yang lebih berkembang.

“Sudah lebih dari sera­tus nagari hingga penu­tupan pada 16 Juli 2021 mendatang. Antusias naga­ri ikut ajang ADWI telihat dari sebaran wilayah yang ada di website resmi Ke­menpar Jadesta.com,” ka­ta Deni.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 dengan tema Indonesia Bangkit merupakan salahsatu program pengembangan ke­pariwisataan di Tanah Air. Rangkaian sosialisasi AD­WI sudah dimulai sejak 22 Mei 2021 lalu. Sementara untuk Kabupaten Lima­puluh Kota dari peta seba­ran jadesta.com, sebanyak 42 Nagari mendaftarkan diri ke ADWI 2021.

“Dari peta sebaran yang ada di website jadesta, ada 42 Nagari, semoga dari sebanyak itu ada yang mendapatkan penghar­ga­an dari Kemenparekraf melalui ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021,” tutup Ketua ADKI Kabupaten Limapuluh Ko­ta, Rino Chandra. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional