Close

Antre Berebut Posisi yang Bakal Ditinggal Suzuki

Dennis Foggia— Salah satu pembalap Leopard Racing Dennis Foggia ketika tampil di kualifikasi Moto3 (23/4). (JOSE BRETON/AFP PHOTO )

JAKARTA, METRO–Rumor hengkangnya Suzuki dari MotoGP akhir musim ini membuat tim balap lain mulai mengincar posisi kosong yang ditinggalkan itu.

Meski sampai saat ini belum ada pengumuman resmi dari pabrikan Hamamatsu tersebut terkait rumor tersebut.

Dorna Sports selaku promotor MotoGP juga sudah menegaskan bahwa Suzuki tidak bisa mengambil keputusan sepihak. Apalagi, Suzuki sudah teken kontrak untuk tampil di MotoGP sampai 2026.

Meski demikian, Dorna tidak menampik adanya tim-tim inde­penden maupun pabrikan lain yang antre untuk mengisi posisi Suzuki. Itu terjadi jika Suzuki benar-benar pergi.

Salah satu tim yang saat ini sudah terang-terangan siap meng­gan­tikan posisi Suzuki adalah Leopard Racing.

Melalui bos mereka, Christian Lundberg, tim yang saat ini tampil di Moto3 dan sudah menjadi juara tiga kali di kelas itu (2015, 2017, dan 2019) mengatakan, pihaknya siap melakukan langkah-langkah stra­tegis untuk bisa tampil di MotoGP.

Termasuk jika mereka harus bergabung menjadi tim satelit Aprilia. Jika Suzuki jadi hengkang, Aprilia memang akan menjadi satu-satunya tim pabrikan MotoGP yang belum memiliki tim satelit.

“Bekerja sama dengan Aprilia akan menjadi salah satu opsi yang menjanjikan. Motor mereka se­karang sangat kompetitif. Apalagi asal tim kami memang setengah dari Italia,’’ ucap Lundberg dilansir Motorsport.

Keinginan Lundberg itu seakan mendapatkan lampu hijau dari Aprilia.

CEO pabrikan asal Italia ter­sebut, Massimo Rivola, di sela-sela GP Spanyol pekan lalu menyebut bahwa pihaknya saat ini membuka kemungkinan bekerja sama dengan tim-tim independen untuk menjadi tim satelit.

’’Jika ada tawaran menarik, kenapa tidak?’’ ucap Rivola kepada Motorsport.

Namun, Leopard bukan satu-satunya tim yang berminat me­ngam­bil slot itu. Aspar Team, Gas­Gas, dan Pons Racing disebut-sebut juga mengincar tiket tampil di MotoGP.

Aspar saat ini tampil di Moto3 dan Moto2 bekerja sama dengan GasGas yang merupakan anak perusahaan KTM.(jpc)

Sementara itu, Pons adalah tim asal Inggris besutan mantan juara GP250 Sito Pons. Mereka tampil di Moto2 dan MotoE.

Di Moto2 tahun ini, Pons tampil dengan nama Flexbox HP40 dengan pembalap andalan mereka Aaron Canet. Pembalap Spanyol itu sudah meraih tiga podium dalam enam balapan pertama musim ini.(jpc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top