Close

Antisipasi Lonjakan Kunjungan Wisata di Pessel, Manfaatkan Lahan Warga untuk Parkir

Ilustrasi

PESSEL, METRO – Mengantisipasi lonjakan kendaraan para pengunjung ke kawasan obyek wisata di Pesisir Selatan, seperti di Carocok Painan dan Carocok Tarusan, Pemkab Pessel melalui Dinas Perhubungan Pessel memastikan telah menyiapkan kantong – kantong parkir kendaraan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Pessel Gunawan, guna mengantisipasi kemacetan kendaraan para pengunjung datang ke obyek wisata di Kabupaten Pessel, Disbub telah menyiapkan kantong – kantong parkir, seperti di gor. M.Zein Painan dan gor Ilyas Yakub Rawanv Painan.

“Selain itu Kita juga akan manfaatkan lahan masyarakat, untuk lokasi parkir kendaraan,” ujar Gunawan, Selasa (28/5).

Gunawan menjelaskan, pemanfaatan lahan masyarakat untuk lokasi parkir tersebut akan dilakukan kerjasama pihak pemilik lahan itu sendiri, dan tiket karcis parkir diberikan pada pemilik lahan akan diberikan Dinas Pendapatan melalui Dinas Perhubungan dengan tarif sesuai Perda yang ada.

Untuk roda dua Rp5.000, roda empat Rp10 ribu, bus mini Rp15 ribu dan  bus roda enam Rp20 ribu. terang Kadishub.

“ Kita, bersama pihak terkait telah melakukan koordinasi, agar dalam pelaksanaan berjalan lancar dan aman,” tegas  Gunawan.

Bukan itu saja kata Gunawan, agar roda ekonomi masyarakat ada dikawan wisata bisa berjalan, bagi wisatan yang nantinya akan masuk kewasan obyek wisata, Dishub Pessel akan bekerja sama dengan pemilik mobil odong – odong serta tukang ojek. “ Odong – odong dan tukang ojek akan kita berdayakan nantinya,” ujar Gunawan.

Khusus di Kawasan obyek wisata di Pantai Carocok Painan, Carocok Tarusan dan Lenggayang akan dilakukan rekayasa arus kendaraan. Karena, seperti libur lebaran tahun lalu tiga obyej wisata tersebut akan ramai dikunjungi wisatawan. ” Kita, perkirakan lonjakan wisatan akan ramai pada H +3 sampai H + 10,” ujar Gunawan. (rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top