Close

Antisipasi Krisis Pangan Hadapi Ramadhan dan Idul Fitri 2023, Gubernur Sumbar Surati Bupati dan Wali Kota

PIMPIN RAPAT—Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah didampingi Asisten II Setdaprov Sumbar, Wardarusmen memimpin rapat kordinasi antisipasi krisis pangan hadapi Ramadhan dan Idul Fitri 2023 beberapa waktu lalu.

PADANG, METRO–Perang Ukraina-Rusia berdampak terjadinya krisis pangan di sejumlah negara-negara Eropa. Krisis pangan tersebut menjadi perhatian Pemerintah Indonesia juga.  Pemerintah terus melakukan kordinasi dengan kepala dae­rah, untuk melakukan langkah-langkah antisipasi agar ketersediaan pangan da­pat terpenuhi bagi masya­rakat.

Khusus Sumatera Ba­rat (Sumbar), Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melalui Asisten II Setda­prov Sumbar, Wardarusmen, Selasa (24/1) mengatakan, Pemprov Sumbar telah melakukan langkah-langkah antisipasi ketersediaan pangan bagi ma­syarakat Sumbar.

Tidak hanya antisipasi ketersediaan pangan dampak dari perang Ukraina-Rusia, antisipasi ketersediaan pangan juga dilakukan untuk menghadapi Rama­dan dan Idul Fitri 2023.

Wardarusmen mengatakan, antisipasi dilakukan dengan menggelar rapat kordinasi OPD di lingkup Pemprov Sumbar pada 10 Januari 2023 lalu, yang di­pimpin oleh Gubernur Sum­bar, Mahyeldi Ansha­rullah.

Melalui rapat kordinasi tersebut, Mahyeldi me­nyampaikan perlu beberapa antisipasi yang disiapkan jelang Ramadan dan Idul Fitri 1444 Hijriah. Se­perti kenaikan harga BBM, waspada erupsi Gunung Marapi, memastikan stok pangan harus tersedia, mengkoordinasikan pembenahan irigasi di Sumbar, kemacetan, serta deteksi jumlah orang yang masuk ke wilayah Sumbar.

Mahyeldi juga menjelaskan tantangan pe­ngendalian inflasi jelang pe­laksanaan bulan Rama­dan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 tahun ini. Termasuk juga kemiskinan ekstrem.

Langkah-langkah yang dilakukan di antaranya, melakukan pemantauan berkala terhadap kecukupan stok barang dengan berkoordinasi dan bersi­nergi antar institusi, untuk memastikan ketersediaan dan kelancaran distribusi barang selama Ramadan dan Idul Fitri 2023.

Langkah lainnya, me­lakukan operasi pasar untuk menjaga keterjang­kauan harga kebutuhan pokok selama Ramadan dan Idul Fitri tahun 2023. Melakukan gerakan me­nanam satu juta cabe de­ngan membagikan bibit cabe di polybag.

Terkait pengendalian inflasi pada periode Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Idul Fitri 1444 Hijriah, perlu diperhatikan keterjangkauan harga, ke­tersediaan pasokan, kelancaran distribusi, serta mem­berikan subsidi harga beras bekerjasama dengan Bulog.

Menindaklanjuti hasil kesepakatan rapat kordinasi tersebut, Gubernur Sumbar mengirimkan surat kepada OPD Pemprov Sumbar dan bupati wali kota se-Sumbar, 18 Januari 2023.

Berdasarkan surat ter­sebut, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah meminta OPD Pemprov Sumbar, wali kota dan bupati agar melakukan pe­metaan dan langkah antisipasi untuk menjaga ketersediaan stok pangan dari bulan ke bulan. Terutama pada momen HBKN, liburan sekolah dan tahun baru.

Mahyeldi juga meminta OPD, bupati dan wali kota, agar mempercepat ketersediaan bibit dan pe­nanaman dari awal tahun. Terutama untuk produk-produk yang dapat mendorong terjadinya lonjakan harga pada komoditi tertentu.

Kemudian juga diminta berkordinasi dengan Bulog terkait dengan pendistribusian beras impor untuk mengatasi kemiskinan esktrem. Melakukan kordinasi degan Badan Pangan Nasional untuk penyediaan heuler baru. Serta melakukan kordinasi dengan pe­laku usaha pangan untuk memenuhi kebutuhan da­erah daerah yang dianggap defisit dan mengalami kelangkaan.

Melalui surat tersebut, Mahyeldi juga meminta agar memfasilitasi adanya kerjasama bisnis to bisnis antara pelaku usaha yang ada di kabupaten kota ling­kup Provinsi Sumbar. Termasuk juga menjaga kelancaran distribusi dan me­ngantisipasi permasalahan ketersediaan BBM melalui kordinasi dengan PT Pertamina dan Hiswana Migas.

Mahyeldi juga mendorong kordinasi dengan OPD teknis dalam memetakan pembangunan jaringan irigasi dan penyediaan sarana dan prasarana produksi pertanian lainnya. Mela­kukan antisipasi kelangkaan ketersediaan ternak sapi untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha dari se­karang.(fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top