Menu

Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Ramadhan, Tindak Distributor Sembako Nakal

  Dibaca : 148 kali
Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Ramadhan, Tindak Distributor Sembako Nakal
Ilham Maulana

SAWAHAN, METRO
Kenaikan harga komoditas utamanya bahan pokok masih saja terjadi dan terus berulang-ulang jelang memasuki bulan Ramadhan Padahal, ketersediaan pasokan komoditas pangan diperkirakan mampu memenuhi permintaan masyarakat.

Untuk itu, Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Padang diminta untuk mengawasi distributor dan agen yang menimbun kebutuhan pokok dan menaikkan harga dengan sengaja ketika bulan Ramadhan.

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kota Padang, Surya Jufri menyampaikan Disdag Kota Padang mesti awasi distributor dan agen yang ada. Jika mereka bermain ambil tindakan tegas.

“Kalau ada distributor nakal dan sengaja menimbun barang harus ditindak tegas. Karena setiap mau Ramadhan dan lebaran, pasti harga sembako melonjak,” tukasnya, Minggu (28/3).

Ia mengatakan, jika perlu Disdag gelar operasi pasar yang tentu menerapkan protokol kesehatan (prokes). Agar klaster baru tak muncul dan mata rantai penyebaran virus terputus.

Lalu, kepada warga Padang semua diimbau berbelanja sembako secukupnya dan jangan berlebihan. “Belanjalah sesuai kebutuhan. Ini demi pembeli lainnya dapat jatah dan tidak terjadi kehabisan stok,” kata anggota Komisi II DPRD Kota Padang ini.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Ilham Maulana meminta kepada warga melaporkan pedagang yang sengaja menimbun dan menaikkan harga ke aparat. “Foto dan laporkan jika itu benar dilakukan agen,” tegas Ilham, yang mengimbau kepada para pedagang dan distributor agar tidak melakukan kecurangan dengan melakukan penimbunan barang kebutuhan masyarakat tersebut.

Kepada Disdag, diminta untuk tetap mengawasi pedagang dalam menjual sembako dan cabut izinnya jika tak mematuhi aturan yang ditetapkan pemerintah.

“Jika nantinya ada kelangkaan atau kenaikan harga secara signifikan dan ditemukan ada unsur kesengajaan maka Disdag bersama lembaga terkait lainnya bisa langsung menindak tegas mereka,” pungkas Ilham. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional