Menu

Antisipasi Gelombang Mudik, Perbatasan Pasaman-Madina Disekat

  Dibaca : 76 kali
Antisipasi Gelombang Mudik, Perbatasan Pasaman-Madina Disekat
PENYEKATAN—Petugas Kepolisian dan unsur lainnya mulai melakukan penyekatan di pos perbatasan Kabupaten Pasaman.

PASAMAN, METRO
Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Senin (3/5) mulai melakukan penyekatan terhadap kendaraan bermotor yang masuk ke wilayah Sumatera Barat di perbatasan antara Kabupaten Pasaman dengan Kabupaten Madina Sumatera Utara (Sumut).

Petugas mendirikan posko penyekatan di pintu gerbang perbatasan antara kedua daerah, tepatnya di Kampung Muara Cubadak, Nagari Padang Mentinggi, Kecamatan Rao.

Kapolres Pasaman, AKBP Dedi Nur Andriansyah mengatakan, penyekatan ini untuk mengantisipasi gelombang pemudik dari luar daerah masuk ke wilayah Pasaman hal itu dilakukan sebagai upaya mengendalikan penyebaran covid-19.

“Penyekatan tersebut sebagai upaya untuk menghalau pemudik masuk ke Sumbar. Pasalnya, pemerintah telah mengeluarkan peraturan larangan mudik Lebaran tahun 2021 guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang belum mereda,” ungkap Kapolres.

Pos penjagaan di perbatasan daerah ini pun, kata dia, bakal diperketat mulai Senin 3 Mei hingga 24 Mei 2021 mendatang. Sejumlah petugas gabungan, seperti TNI/Polri, Satpol PP, Dishub hingga petugas medis disiagakan selama 24 jam.

Saat melakukan penyekatan petugas akan mengecek berkas persyaratan perjalanan pengendara yang melintas. Jika tidak memenuhi syarat, maka pengendara akan melakukan swab antigen di tempat.

“Petugas akan mengedepankan prosedur protokol kesehatan. Jika tidak sesuai prosedur, petugas akan memutar balik kenderaan pemudik alias balik arah,” tegas Kapolres.

Menurut dia, peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah oleh pemerintah sebagai upaya pengedalian penyebaran Covid-19 di tanah air, dimana angka penyebarannya masih tinggi.

“Ketentuan ini berlaku bagi semua warga negara. Masyarakat sebenarnya harus mendukung kebijakan ini, karena kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah ini sebenarnya dalam rangka kebaikan bersama,” katanya. (mir)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional