Menu

Antarkan 23 Peserta Masuk Final, Sumbar Berpeluang Juara Umum MTQ Nasional XXVIII

  Dibaca : 130 kali
Antarkan 23 Peserta Masuk Final, Sumbar Berpeluang Juara Umum MTQ Nasional XXVIII
Antarkan 23 Peserta Masuk Final, Sumbar Berpeluang Juara Umum MTQ Nasional XXVIII

PADANG, METRO
Kafilah Provinsi Sumbar menempatkan 23 pesertanya bertanding di babak final MTQ Nasional XXVIII tahun 2020, Kamis (19/11). Dengan pencapaian ini, Kepala Biro Bina bental dan Kesra Setdaprov Sumbar, Syaifullah mengatakan, Provinsi Sumbar berpeluang meraih juara umum pada MTQ ke XXVIII di Sumbar. “Alhamdulillah kita bisa menempatkan anak-anak kita pada final sebanyak 23 golongan. Ini adalah pencapaian terbaik kita di MTQ,”sebut Ketua Kafilah Sumbar, Syaifullah, Kamis (19/11).

Dikatakannya, jika semua peserta Sumbar meraih banyak emas maka peluang juara umum sangat dekat. Peluang itu akan makin dekat jika perolehan medali emas menumpuk pada beberapa daerah.

Selain Provinsi Sumbar yang juga menempatkan pesertanya sebanyak 23 di final ada DKI Jakarta. Kemudian di posisi ketiga, ada Jawa Barat dengan 15 finalis, Jawa Timur dengan 13 finalis, Kepulauan Riau 8 Finalis, Banten 7 Finalis dan Sumatera Utara 7 finalis.

Kemudian Jawa Tengah (6 finalis), Riau (4 Finalis), Sulawesi Selatan (4 finalis), Nusa Tenggara Barat (4 Finalis), Kalimantan Timur (4 finalis), Papua Barat (3 finalis), Kalimantan Barat (3 finalis), Bangka Belitung (3 finalis), Jambi (2 finalis), Maluku Utara (2 finalis), Papua (2 finalis) dan Lampung (2 finalis).

Sementara, Aceh, Kalimantan Tengah dan Maluku masing-masing satu finalis. Dari jadwal yang tersedia, final akan berakhir pada Kamis (19/11) malam. Sementara hasilnya baru diumumkan Jumat,(20/11) dan juara akan diumumkan pada penutupan di Masjid Raya Sumatera Barat, Sabtu (21/11) malam.

Pada MTQ Nasional 2020 ini, cabang yang diperlombakan, ada 8 cabang yakni seni baca Alquran, qira’atal Quran, hafalan Alquran, tafsir Alquran, fahmil Alquran, seni kaligrafi Alquran, syarhil Alquran, dan cabang karya tulis ilmiah Alquran. Terdiri dari 40 Golongan yang terbagi pada putra dan putri pada masing-masing golongan.

Jika Sumbar bisa bisa meraih banyak emas pada final. Maka, posisi Sumbar akan jauh berubah dibanding MTQ Nasional sebelumnya di Medan yang menempati posisi 14. Di Medan, Sumbar hanya memperoleh dua medali, satu emas dari cabang Musabaqah Maqalah Quran (MMQ) atas nama Astuti Mairinda.

Sedang medali perak di peroleh dari cabang Tilawah Dewasa Putri atas nama Annsi’ul Malikha. Sedangkan di MTQ Nusa Tenggara Barat, perolehan medali Sumbar lima medali. Yakni, dua emas tiga perak.

Dengan masuknya 23 kafilah Sumbar pada babak final, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan target Sumbar masuk pada posisi lima besar sudah tercapai. “Target kita lima besar, Alhamdulillah sudah tercapai. Tinggal kita berjuang untuk bisa mendapatkan rangking pertama. Insya Allah,” kata Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno mengungkapkan perjuangan ini tidak sia-sia selama dua tahun. Karena ini menyangkut nama baik Sumbar, marwah Sumbar sebagai tuan rumah yang memiliki filosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. “Saya sangat bangga kepada kalian. Saya do’akan semoga kalian bisa membuat harum nama Sumbar,” ujarnya. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional