Close

Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Mini Bus, Anak 2 Tahun Tewas, Dua Luka di Kabupaten Pasaman Barat 

kibat hembusan angin yang kencang dan cuaca ekstrim, satu batang pohon mahoni yang berada di pinggir jalan Jorong Batang Tipo, Nagari Lingkung Aur, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) tumbang pada Jumat (6/5) siang.

PASBAR, METRO–Akibat hembusan angin yang kencang dan cuaca ekstrim, satu batang pohon mahoni yang berada di pinggir jalan Jorong Batang Tipo, Nagari Lingkung Aur, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) tumbang pada Jumat (6/5) siang.

Mirisnya, disaat pohon tersebut tumbang, disaat yang bersamaan melintas satu unit minibus angkutan umum PT Pasaman Transport Ekpress tujuan Padang – Pasaman hingga terkena terpaan pohon.

Akibat kejadian ini, satu orang balita dinyatakan tewas setelah sempat dilarikan ke rumah sakit. Sedangkan sopir yang sempat terjepit di bagian depan mengalami luka. Evakuasi sopir ini sendir melibatkan tim dari Basarnas dan memakan waktu lebih kurang 30 menit.

Kasi Operasional Basarnas Padang, Oktavianto mengatakan kejadian tersebut diketahui pada Jumat (6/5) sekitar pukul 13.30 WIB yang berlokasi di depan Hotel Pasaman, Jalan Lintas Siti Mangopoh, Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

“Kejadian tersebut bermula saat mobil minibus Transpor Express datang dari arah Simpang Tiga menuju ke Simpang Empat, saat tiba di lokasi angin sedang kencang hingga pohon tumbang dan  menimpa mobil,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa kejadian terjadi saat minibus dalam keadaan jalan dan berpenumpang, sehingga langsung ringsek ditimpa pohon.

“Akibat kejadian tersebut sopir terjepit kendaraan, dan tiga orang luka-luka di bagian kepada dan tubuh, kemudian dibawa ke RS Pasaman,” ujarnya.

Sementara itu, untuk proses penyelamatan sopir yang terjepit, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dan langsung dilarikan ke RS Pasaman bersama tiga orang penumpangnya yang juga mengalami luka

Adapun identitas dari korban luka-luka, lanjut Oktavianto, Aidil Fajar (driver) penumpang Maisarni (22 tahun), Alfarizi (2 tahun) Yepno Riaki (30 tahun).

Menurutnya, saat ini para korban luka-luka sudah berada di RS Pasaman dan dilokasi petugas gabungan sedang melakukan evakuasi minibus tersebut.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Pasbar, AKP Yuliadi mengungkapkan, satu unit mobil mini bus Isuzu dengan nomor polisi BA 7054 SU tertimpa pohon mahoni di jalan umum Jorong Batang Tipo, Nagari Lingkung Aur, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar).

“Peristiwa itu, mengakibatkan satu orang penumpang tewas,”kata Kasat Lantas Polres Pasbar, AKP Yuliadi.

Dikatakan Yuliadi, kecelakaan itu terjadi ketika mobil tersebut melewati jalan yang ada pohon mahoninya. Menurutnya, peristiwa itu terjadi berawal ketika mobil yang dikemudikan oleh Aidil Fajar (25) membawa penumpang Dilan Alfarizi (2) dan Yepno Riski (30) datang dari arah Simpang Tiga, Kecamatan Luhak Nan Duo menuju arah Simpang Empat.

Sesampai di lokasi kejadian tiba-tiba tertimpa batang pohon yang tumbang, di karenakan kencangnya hembusan angin. Mengakibatkan pengemudi menderita luka-luka dan satu orang penumpangnya meninggal dunia di RSUD, sedangkan kendaraan mengalami kerusakan cukup berat.

Saat kejadian evakuasi sopir dan penumpang dilakukan oleh tim gabungan Satlantas Polres Pasbar, Basarnas, PMI, BPBD, TNI, pemadam kebakaran, masyarakat dan lainnya.

”Penumpang atas nama Dilan Alfarizi meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dengan kondisi luka pada sejumlah bagian tubuhnya, dan tidak sadar usai kejadian,” ujarnya.

Kemudian sopir mobil Aidil Fajar menderita tangan kanan luka lecet dan dada terasa sakit serta Yepno Riski mengalami patah terbuka pada batang hidung dan kaki luka lecet.

”Saat ini korban telah mendapat perawatan di RSUD Pasbar di Jambak. Sedangkan kondisi mobil itu mengalami kerusakan kaca depan pecah, lampu depan pecah dan bagian depan pecah,”pungkasnya. (end)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top