Menu

Angin Kencang, Gambalo Kandas

  Dibaca : 89 kali
Angin Kencang, Gambalo Kandas
EVAKUASI—KMP Gambolo saat dilakukan evakuasi oleh Tim Search And Rescue (SAR) Mentawai.

MENTAWAI, METRO
Kapal penyeberangan ke Kepuluan Mentawai (Tuapejat) KMP. Gambolo, pada Jumat (8/1) sekira pukul 16.30 WIB, yang kandas saat memasuki pelabuhan Tuapejat. Ini diakibatkan angin kencang di perairan Sipora Utara membuat kapal tersebut kandas.

Adanya infomasi kapal KMP Gambol kandas di Pelabuan Tuapejat tim SAR Mentawai bergerak menuju ke lokasi untuk melakukan pertolongan terhadap Kecelakaan Kapal KM. Gambolo kandas di Sekitar Dermaga Tuapejat Perairan Sipora, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Sekira 5 menit Tim SAR gabungan Mentawai sudah sampai di lokasi kecelakaan kapal yang hempas angin dan Kandas di sekitar Dermaga Tuapejat, Kepulauan Mentawai,” sebut Kakansar Akmal, kepada media, Jumat (8/1).

Disebutkan, dalam peristiwa ini Kepala Kantor SAR Kepulauan Mentawai Akmal,S.Sos menerangkan, setelah menerima informasi dari personil TNI-AL Koptu B.Pulungan Jumat (8/1) pukul 16.35 WIB, dimana waktu kejadiannya sekira pukul 16.30 wib di perairan Sipora, Tim SAR Gabungan gerak cepat menuju lokasi kejadian sekira pukul 16. 40 WIB.

Sementara hingga saat ini tim SAR Gambungan dapat mengevakuasi penumpang dalam kondisi selamat sekira pukul 18. 15 wib dibantu KM. Bakat Benuang, terang Kakansar.

Hingga malam tadi KMP. Gambolo belum dapat ditarik dari lokasi kejadian dan akan dilanjutkan pada malam ini sekira pukul 23.00 wib saat pasang laut naik, ucap Akmal. “Cuaca saat ini dilokasi kejadian hujan ringan, kecepatan angin 2 – 10 knots dari Barat Laut dan gelombang 0,5 – 1,25,” kata Kakansar.

“Sudah dapat dievakuasi dengan bergerak sendiri setelah pasang naik, sekarang sudah di pelabuhan Pelabuhan Penyeberangan Tuapejat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Akhirnya KMP Gambolo dengan POB 20 orang yang kandas diperairan Tuapejat pada Jum’at 08/01/2021 dapat dievakuasi dan kembali bersandar di Dermaga Tuapejat tanpa ada kerusakan setelah kandas selama 8 jam diperairan Dermaga Tuapejat, Kec. Sipora Utara, Kabupaten. Kepulaunp. Mentawai,”sebut Akmal.

Akmal menambakan, KMP Gambolo berbendera Indonesia kapal dengan GRT (Gross Register Tonnage) 560 ton yang dinahkodai oleh Wawan Yudho W yang kandas di perairan dermaga Tuapejat pada Jumat, (8/1) sekitar pukul 16.00 WIB akhirnya dapat dievakuasi secara mandiri pada pukul 23.47 WIB dan bersandar kembali di Dermaga Tuapejat tanpa adanya kerusakan lambung dan mesin pada Sabtu ( 9/1), pukul 00.05. “Dan pada tanggal 09/01/2021pukul 00.20 Wib Operasi SAR ditutup dan semua unsur kembali ke satuan masing – masing.” uangkapnya. (s)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional