Menu

Anggota DPRD Sumbar Mario Syahjohan, Pemkab Solsel harus Segera Salurkan BLT APBD

  Dibaca : 842 kali
Anggota DPRD Sumbar Mario Syahjohan, Pemkab Solsel harus Segera Salurkan BLT APBD
Mario Syahjohan

SOLSEL, METRO
Belum diluncurkannya dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kabupaten Solok Selatan dari dana APBD Kabupaten Solsel itu, untuk Keluarga Penerima Mamfaat (KPM) dalam minggu ini, mendapat reaksi dari Anggota DPRD Provinsi Sumbar Mario Syahjohan. Pasalnya, bantuan ini informasinya, baru akan dicairkan, Selasa (2/6).

“Padahal masyarakat sangat berharap sekali bantuan pandemi Covid-19 ini dapat diterima jelang lebaran kemarin. Hal ini tentu bersamaan dengan penyaluran BLT dari Dana Desa dan Provinsi. Tapi hal itu tidak terjadi, malahan diundur sampai Juni,” ujar Politisi Partai Gerindra dari Dapil VII, Mario Syahjohan.

Ditegaskan Mario, pihaknya meminta kepada Pemkab Solsel untuk segera membuatkan regulasi, agar penyaluran BLT Kabupaten tersebut, hendaknya melalui Bank ke rekening Pemerintahan Nagari. Kemudian pihak Wali Nagari bersama Jorong dan Lembaga terkait di nagari selanjutnya mengantarkan langsung ke rumah-rumah penerima BLT.

“Hal ini akan mempermudah banyak pihak, termasuk untuk mempercepat sampainya dana ke tangan penerima. Bahkan dengan sistem ini,  akan terhindar penumpukan masyarakat di lokasi yang dipusatkan di satu titik. Saat ini pemerintah melarang adanya pengumpulan masa yang banyak,” ungkapnya mantan Ketua KONI Solsel dua periode ini.

Sementara masalah ketersediaan dana yang cukup banyak untuk disalurkan oleh pihak bank pada masyarakat, Mario Syahjohan juga meminta pihak Bank Nagari Pusat di Padang agar menyediakan stok uang BLT itu di Solsel.  Hal ini sebagai bentuk pelayanan Pemerintah dan pihak Perbankan pada masyarakat.

“Kami lembaga DPRD Sumbar, dalam waktu dekat, akan tetap melanjutkan interplasi ke BUMD yang ada di Provinsi Sumbar. Maka dari itu kita minta pihak Bank Nagari memberikan layanan paling terbaik untuk masyarakat Sumbar, khususnya untuk penerima BLT,” jelas Mario.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Solsel, H Yulian Efi menyikapi terlambatnya penyaluran dana BLT Kabupaten Solsel dikarenakan data calon penerima masih bergerak (bertambah-red). Bahkan ada syarat administrasi pencairan dana yang masih belum dilengkapi oleh beberapa wali nagari.

“Kita baru saja selesai rapat evaluasi, terkait rencana penyaluran BLT Kabupaten untuk masyarakat yang terdampak Covid-19, namun masih terjadi penambahan data penerima dan syarat administrasi yang harus disiapkan wali nagari,” kata Sekda.

Pihak Bank  Nagari, melalui Pemimpin Bank Nagari Cabang Lubuk Gadang,  Hendri, terkait kekurangan dana atau stok tidak ada kendala, karena akan bisa di droup segera dari Kantor Pusat di Padang.

“Jika hari ini kita kekurangan uang,  besok pasti akan segera dikirimkan. Jadi masalah ketersediaan dana untuk BLT, pihaknya akan menjamin tidak akan kekurangan,”pungkasnya. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional