Close

Anggota DPRD Bukittinggi Fraksi Nasdem Asril, Salurkan 4.800 Bibit Tanaman Produktif ke Warga

SALURKAN POLIR— Anggota DPRD Bukittinggi Asril foto bersama usai menyalurkan Pokir pengadaan 4.800 bibit jenis tanaman keras produktif.

BUKITTINGGI, METRO–Anggota DPRD Bukittinggi dari Fraksi Nasdem, Asril SE, kembali mengarahkan dana Pokir-nya untuk pengadaan bibit tanaman buah buahan. Sebanyak 4.800 bibit disiapkan di tahun 2021 ini dan diserahkan secara simbolis kepada warga Kecamatan Mandiangin Koto Selayan di Aula Kantor Camat Mandiangin Koto Salayan (MKS), Senin (22/11).

Asril  menjelaskan, kegiatan ini menjadi salah satu u­paya-nya untuk mewujudkan Bukittinggi Green City atau kota hijau. Di mana, setiap rumah nantinya dapat memiliki tanaman yang hijau dan bisa menghasilkan buah buahan untuk dikonsumsi ataupun diperjualbelikan.

“Untuk tahun ini, sebanyak 4.800 bibit kita bagikan kepada masyarakat MKS. Anggarannya sekitar Rp 280 juta dari dana Pokir yang direalisasikan tahun 2021 ini,” jelas Asril.

Sebanyak 4.800 bibit yang diberikan kepada warga itu terdiri dari 850 bibit durian montong, 750 bibit buah manggis, 800 bibit jambu air, 800 bi­bit jambu biji, 850 bibit alpukat san 750 bibit pisang. Bibit tanaman produktif ini diberikan, agar dapat menciptakan kota agroindustri dan ekonomi kreatif.

“Dari penyerahan bibit ta­naman ini, kita ingin menciptakan agroindustri dan eko­nomi kreatif di Bukittinggi. Sekaligus mewujudkan Bukittinggi hebat di bidang pertanian. Bibit dita­nam, kemudian warga nant­inya akan diberikan pelatihan pengolahan buah,” kata Asril.

Kadis Pertanian dan Pa­ngan Bukittinggi, melalui Sekretaris Yetti Asra berharap, bibit tanaman ini, bisa dimanfaatkan dengan baik. Dinas pertanian dan pangan juga meminta arahan untuk pe­ngembangan produk ma­sya­rakat ini nantinya. “Semoga bibit tanaman ini bisa bermanfaat. Kita juga perlu menjamin kualitas produk masyarakat ini. Kita juga butuh galeribUP3HP dan semoga bisa terwujud, “ ujar Asril. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top