Close

Anggarkan Rp750 Juta, Pemko Payakumbuh Bangun 15 Unit Rumah Layak Huni Baru

SERAHKAN BANTUAN—Sekda Payakumbuh menyerahkan bantuan RTLH kepada masyarakat

POLIKO, METRO–Sebagai wujud perhatian, kepedulian dan kasih sayang kepada masyarakat, Peme­rintah Kota Payakumbuh me­nyalurkan bantuan sosial peningkatan kualitas Rumah Ti­dak Layak Huni (RTLH) kepada masyarakat berpenghasilan rendah.  Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan Sekretaris Daerah Kota Pa­yakumbuh di lokasi pelaksa­naan RTLH Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kecamatan Payakumbuh Utara, Senin (20/6).

Sekda Payakumbuh, Drs. H. Rida Ananda, M.Si me­nyampaikan bahwa bantuan RTLH ini menjadi prioritas. Karena Pemerintah Kota Pa­yakumbuh telah berkomitmen untuk menghadirkan rumah layak huni bagi ma­syarakat kurang mampu.

“Selain itu, program ini juga sebagai pemicu sema­ngat kegotong royongan dan saling membantu di masya­rakat. Dalam pelaksanaan program RTLH, Pemerintah Kota Payakumbuh menggu­nakan anggaran dari APBN melalui Kementerian PUPR, APBD melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman,” kata Rida.

Sekda juga menyebut, Wali Kota Riza Falepi serius mengurus warga miskin, apa­lagi yang masih belum memiliki rumah yang layak. Berkat sinergi yang baik dan kebijakan yang mendukung program ini, Pemko Payakumbuh menjadi salahsatu terbaik Nasional dalam merehab rumah tidak layak huni.

“Ini dalam rangka membantu, karena saat ini masih banyak rumah masyarakat prasejahtera yang belum sempurna, sehingga sekaligus untuk membangun ting­kat kesadaran, solidaritas dan kegotong royongan di ma­syarakat Kota Payakumbuh,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Kota Payakumbuh, Marta Minanda, ST, MT menyampaikan bahwa bantuan sosial peningkatan kualitas RTLH yang disalurkan kali ini sebanyak 15 unit berupa pembangunan rumah baru dengan Total anggaran yang dialokasi­kan sebesar 750 juta Rupiah.

“Program ini bertujuan untuk mengurangi angka Rumah tidak Layak Huni di Kota Pa­yakumbuh, penyediaan Rumah Layak Huni bagi ma­syarakat berpenghasilan ren­dah, serta mewujudkan Rumah yang sehat, ramah, serasi dan teratur,” terangnya.

Ia menambahkan, bantuan perbaikan RTLH kategori berat bantuannya sebesar 50 juta rupiah per unit, dengan upah tukang, 10 juta rupiah untuk material, dan sebesar Rp. 40  juta sesuai dengan petunjuk teknis penyelenggaraan RTLH sesuai data yang diberikan  Kabid Perumahan Murdifin, ST, M.Si kepada media ini. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top