Menu

Anggaran Penas KTNA 2020 Capai Rp100 M, 4.201 Rumah Telah Diverifikasi

  Dibaca : 364 kali
Anggaran Penas KTNA 2020 Capai Rp100 M, 4.201 Rumah Telah Diverifikasi
Syaiful Bahri

PADANG, METRO – Tujuh bulan jelang pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI yang dipusatkan pada pusat pemerintahan di Aiapacah, kini persiapan diperkirakan telah mencapai 55 persen. Bahkan persiapan kegiatan yang mengundang ribuan peserta tersebut sangat bagus dan tak banyak kendala.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syaiful Bahri mengungkapkan, Pemko Padang sangat siap menjadi tuan rumah ajang tiga tahunan berskala nasional tersebut. Berbagai persiapan terus dimatangkan, agar pelaksanaan Penas KTNA pada 20 hingga 25 Juni itu dapat berjalan dengan lancar dan aman.

“Kami sangat siap, tidak ada keraguan sama sekali,” ucap Syaiful Bahri, Selasa (12/11).

Menurut Syaiful Bahri, persiapan yang telah dilakukan diantaranya telah memverifikasi 4.201 rumah masyarakat di tiga kecamatan yakni Koto Tangah, Kuranji dan Nanggalo sebagai tempat penginapan peserta Penas KTNA XVI tersebut. Dari 4.201 rumah tersebut, diperkirakan mampu menampung sekitar 48 ribu peserta Penas KTNA.

Selain itu, 15 lokasi penyelenggaraan Penas KTNA juga telah dibersihkan yang diperkirakan dapat selesai pada awal 2020.

“Ke-15 lokasi kegiatan juga sudah telah dipersiapkan dan semuanya berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan. Insya Allah semuanya dapat selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” ungkap Syaiful Bahri.

Syaiful Bahri menambahkan, untuk penyelenggaraan Penas KTNA menghabiskan anggaran mencapai Rp100 miliar yang bersumber dari Pemerintah pusat, Pemprov Sumbar, dan Pemko Padang. Untuk itu, Pemko Padang akan mempersiapkan penyelenggaraan ajang pertukaran inovasi antar petani dan nelayan unggul di Indonesia tersebut dengan baik.

“Selama 2019 dan 2020 kita baik pusat maupun provinsi telah menggangarkan Rp100 miliar untu Penas KTNA. Kami akan memberikan yang terbaik agar penyelenggaran berjalan dengan lancar,” ujar Syaiful Bahri.

Sebelumnya diberitakan, Anggota DPRD Kota Padang, Zulhardi Z Latif berharap, dengan menjadi tuan rumah tentu ada umpan balik yang berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang. Karena Padang adalah kota perdagangan, pendidikan dan pariwisata, tentu harapan kita itu.

“Dengan tujuan agar mereka dapat kembali lagi ke Kota Padang dalam bentuk lain, mungkin dalam kunjungan wisata dangan keluarga atau kunjungan wisata dengan kelompok-kelompok lainnya,” kata Zulhardi.

Zulhardi mengatakan, dengan menghadirkan stakeholder, baik di tingkat nasional maupun kabupaten/kota seluruh Indonesia, tentu diharapkan tamu- tamu yang dari luar daerah tidak kecewa. Supaya tamu-tamu tidak kecewa, tentu kegiatan tersebut dipersiapkan dengan matang.

“Yang pertama itu tentang pesiapan penginapan, konon katanya mereka yang datang lebih dari 70 ribu orang yang akan hadir di Kota Padang yang diinapkan di rumah masyarakat. Tentu harapan kita juga pada Pemko Padang untuk mentrecing seluruh pemilik pemilik rumah yang dihuni peserta penas ini,” ungkapnya. (mil)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional