Menu

Anggaran Penanggulangan Covid-19 Perlu Ditambah

  Dibaca : 200 kali
Anggaran Penanggulangan Covid-19 Perlu Ditambah
Rapat Koordinasi Pimpinan DPRD Prov. Sumbar, bersama Gubernur, Wakil Gubernur, serta FORKOPIMDA Prov. Sumbar tentang Antisipasi Penyebaran Virus Covid 19 di Sumatera Barat.

PADANG, METRO
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), memberikan rekomendasi untuk pemerintah provinsi (Pemprov) terkait upaya  menanggulangi wabah virus korona (Covid-19).

Dalam rapat koordinasi yang digelar Selasa (25/3)b kemarin, Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Gerindra Hidayat mengatakan, Pemprov hendaknya menambah relokasi anggaran untuk penanggulangan Covid-19.

Saat ini, Pemprov alokasikan Rp 25 miliar. Alokasi tersebut, katanya, didapatkan dari peralihan anggaran pada komposisi APBD, angka Rp 25 miliar masih belum cukup mestinya langkah efisiensi terus dilakukan.

Menurutnya, dari pemotongan perjalanan dinas maupun kegiatan yang tidak bersifat prioritas, bisa mendapatkan anggaran lebih, yaitu 100 miliar. Alokasi tersebut diharapkan efektif untuk penaggulangan Covid-19.

“ Selain memprioritaskan peralatan dan kebutuhan medis, ekonomi masyarakat juga harus diperhatikan. Terutama mereka yang berpenghasilan bulanan,” katanya.

Dia mengatakan semenjak pemerintah mengajurkan untuk melakukan aktivitas di rumah. Banyak pangaduan masuk, karena dampak yang ditimbulkan. Tidak semua masyarakat yang memiliki penghasilan tetap per bulan.

Pemerintah Provinsi mesti mencarikan solusi, cotohnya mereka yang berpropesi sebagai pengendara ojek online, atau mereka yang bergerak pada UMKM,” katanya.

Dikatakannya, DPRD mengaapresiasi langkah tanggap Pemprov dalam mencegah penyebaran Covid-19. namun pemerintan juga melakukan langkah strategi untuk menyelamatkan ekonomi masyrakat.

Anggaran Rp 100 miliar, bisa alokasikan dalam bentuk bantuan tunai langsung. Sehingga butuh langkah pemetaan terlebih dahulu, jika bantuan bisa dirasakan kerisauan terhadap dampak ekonomi bisa diminimalisir.

Sementara itu, Anggota DPRD Sumbar Fraksi Demoktrat Arkadius Datuak Intan Bano mengatakan, Pemprov mesti memikirkan produksi pertanian Sumbar di tengah ancaman Covid-19.

Seperti diketahui, bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri akan masuk. Jangan sampai masyarakat kesulitan untuk memenuhi kosumsi bahan pokok.
“ Kita mesti memikirkan produksi pertanian, agar ketersediaan sembilan bahan pokok terpenuhi,”katanya. (hsb)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional