Close

Anggaran Dinsos Habis, Orang Gila Dibiarkan Berkeliaran di Kota Padang

Illustrasi.

KUINI, METRO–Terbatasnya anggaran, membuat Dinas Sosial (Dinsos) Kota Padang, sejak awal November 2021 ini tak lagi melakukan penjangkauan pada orang gila (orgil) yang berkeliaran di Kota Padang.

Pantauan POSMETRO, di kawasan Veteran, orang gila masih terlihat berke­liaran. Namun bersyukur keberadaan mereka tidak mengganggu pengguna trotoar yang lewat. Namun, di beberapa titik keberaaan mereka juga mengganggu para pengendara.

Afriadi, Kepala Dinas Sosial Kota Padang.

“Anggaran kita sudah habis. Jadi terhitung sejak awal November 2021 ini, kita tak lagi melakukan penjangkauan terhadap orang gila yang ada di jalanan Kota Padang,” se­but Kepala Dinas Sosial  Kota Padang, Afriadi di­dam­pingi Kasi Jaminan Sosial Keluarga, Nurlaili, Senin (8/11).

Dijelaskan, dari Januari sampai Oktober, jumlah orang gila yang telah di­jangkau dan diobat ke ru­mah sakit HB Saanin ada­lah sebanyak 80 orang. Jumlah itu hampir me­nyerupai angka setahun sebelumnya. Yang mana pada tahun 2020 lalu jumlah orang gila dari awal Januari sampai Desember adalah sebanyak 87 orang.

Selama imi, kata Nur­laini, semua orang gila yang telah dijangkau itu, diobati dan dibiayai de­ngan APBD Padang. Tapi karena sekarang dananya sudah habis, terpaksa petu­gas tidak lagi melalukan penjangkauan sampai ada anggaran lagi. Kalaupun ada orang gila, diserahkan pada pihak keluarga untuk mengobatinya.

“Pihak keluarga kan bi­sa pakai BPJS,” katanya.

Untuk  tahun 2022 nanti diperkirakan, anggaran untuk pengobatan orang gila ini diprediksi juga akan berkurang. “Ber­kemung­kinan berkurang lagi,” tan­dasnya. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top