Close

Anggaran Dinas Kelautan Naik Rp25 Miliar, 2022, Masyarakat Nelayan makin Banyak Dapat Bantuan

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan Kota Padang, Guswardi.

AIA PACAH, METRO–Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan Ko­ta Padang, Guswardi me­nyebutkan anggaran untuk tahun anggaran 2022 naik dari Rp19 miliar menjadi Rp25 miliar. Selain mem­perbanyak program pem­binaan bagi masyarakat ne­layan, dana ini juga digu­na­kan untuk pem­bangunan pa­brik es.

“Ada Rp4,5 miliar untuk prmbangunan pabrik es. Sisanya untuk kegiatan rutin kita dan bantuan bagi masyarakat nelayan,” se­but Guswardi baru-baru ini.

Dengan makin ba­nyak­nya anggaran ter­sebut masyarakat nelayan juga akan makin terbantu ke­hidupan perekono­mian­nya. Di samping itu, pe­ningkatan anggaran di­harap­kan juga berimbas pada Pendapatan Asli Da­erah (PAD) yang dihasilkan. Te­rutama keberadaan pa­brik.

Saat ini, kata Guswardi, pabrik es yang sudah ada di TPI dan Muaro Anai tak berkontribusi pada pero­lehan PAD. Hingga kini PAD yang terealisasi sebesar 50 persen.

Target PAD Dinas Ke­lua­tan, Perikanan dan Pa­ngan di tahun 2021 adalah Rp1,4 miliar. Sekarang te­rea­lisasi sebesar Rp 700 juta.  Sisanya, ia optomis akan didapatkan hingga akhir tahun. “Kan masih ada beberapa bulan lagi. Masih bisa kita kejarkan,” tandasnya.

Selain PAD dari pabrik es, sumber pemasukan dari dinas  ini juga berasal dari sentra pengolahan hasil perikanan Pasia Jam­bak Balai Benih Ikan Bu­ngus. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top