Menu

Andre: Tuntaskan Bendungan Lubuaklaweh!

  Dibaca : 192 kali
Andre: Tuntaskan Bendungan Lubuaklaweh!
Andre Rosiade bersilaturahmi dengan warga Kampung Jua, Lubukbegalung.

*Agar Petani Dapat Bersawah lagi
KAMPUNG JUA, METRO–Jebolnya bendungan irigasi Lubuaklaweh di Tarantang, Kecamatan Lubukkilangan, masih berimbas kepada masyarakat Kampung Jua, Kecamatan Lubukbegalung, Meski air sumur dan sungai telah timbul, tapi untuk pengairan sawah masih jauh dari cukup. Wasekjen DPP Partai Gerindra Andre Rosiade mendesak Pemko Padang tanggap menyikapi.

Diketahui, bendungan irigasi yang hancur karena banjir bandang lebih dari setahun lalu itu merupakan urat nadi mata pencarian masyarakat di kawasan Kampung Jua. Bahkan juga Lubukkilangan dan Padang Selatan. Hal itu mengakibatkan penduduk tiga kali gagal panen hingga dapat dinilai masyarakat setempat dalam masa kritis.

“Satu butir padi pun kami tak dapat,” kata perwakilan tokoh masyarakat Kampung Jua, Erizal saat Andre Rosiade bersama rombongan mengunjungi Kampung Jua, Minggu (30/9) pagi. Dia mengatakan, masyarakat Kampung Jua sekarang terhitung sebanyak 11 ribu jiwa dan 60 persennya merupakan petani. Sejak jebolnya bendungan tersebut masyarakat jadi risih.

“Jadi pak, sekarang kami dalam keadaan kritis sejak jebolnya bendungan tersebut. Padahal itu merupakan urat nadi mata pencarian masyarakat kami. Kami sangat mengharapkan perbaikan secepatnya pak,” harap Erizal dalam pertemuan yang dihadiri ratusan warga Kampung Juta itu.

Akibatnya, sejak saat itu masyarakat jadi gagal panen yang mengakibat kerugian cukup besar untuk kampung ini. “Namun kami meyakini melalui tangan Pak Andre Rosiade dapat mencari solusi masalah ini. Karena sejak dulu masyarakat sekitar memang haus akan uluran tangan pejabat maupun pemerintahan,” ungkapnya didampingi tokoh pemuda setempat Indra Sukma.

Andre Rosiade yang datang dan bersilaturahim dengan warga mengaku prihatin dengan kondisi di Kampung Juga. Dia bertekad, turut serta mencari jalan keluarnya. “Saya coba mencari jalan keluar akan masalah ini. Hal pertama saya akan mencoba menghubungi ketua DPRD Padang yang kebtulan kader Gerindra, supaya dapat cepat ditangani,” ujar Andre Rosiade.

Selanjutnya, dikatakan Andre, warga diharapkan membuat proposal khusus yang ditembuskan pada DPRD Padang dan Pemerintah Kota Padang. “Insya Allah hal ini akan segera diatasi mengingat tingginya risiko yang terlihat,” sebut Andre yang juga juru bicara Prabowo-Sandiaga Uno ini.

Andre yang juga Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) menyebut telah berkomunikasi dengan Ketua DPRD Padang Elly Thrishyanti kemarin. Elly mengakui, pembangunan bendungan Tarantang akan dikerjakan. Sementara untuk perbaikan jalan di kawasan Kampung Jua, akan diberikan melalui dana pokok-pokok pikiran (pokir) Ketua DPRD sendiri.

“Kita tunggu realisasi dari dana Pokir Ketua DPRD Padang di Kampung Jua. Jangan sampai kondisi berlarut-larut. Kami juga meminta DPRD Padang menggandeng PDAM Padang untuk membuat jaringan pipa di Kampung Jua. Jadi, mereka tidak lagi ketergantungan dengan air sumur yang berisi, kalau air sungai mengalir atau hujan,” katanya.

Andre meminta DPRD Padang mendesak Pemko Padang untuk membicarakan membuka jaringan pipa PDAM ini. Karena, Kampung Jua memiliki penduduk yang tidak sedikit. “Mungkin masih ada kelurahan lain yang terdampak bendungan jebol itu, seperti di Tarantang dan Baringin, Kecamatan Lubukkilangan,” katanya.

Andre mendesak Pemko Padang tanggap dan memperbaiki saluran irigasi ke Baringin dan Tarantang yang jebol akibat meluapnya Sungai Baringin tahun lalu. “Sekarang memang sudah bisa difungsikan, tapi belum maksimal. Karena hanya ditambal atau ditanggulangi sementara. Kami minta ini jadi permanen, minimal pada APBD 2019 mendatang. Fraksi Gerindra DPRD Padang harus mengawal,” tegasnya. (zek)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional