Menu

Andre Rosiade Minta Menteri Bahlil Datangkan Investasi Olah Karet ke Sumbar

  Dibaca : 46 kali
Andre Rosiade Minta Menteri Bahlil Datangkan Investasi Olah Karet ke Sumbar
Anggota Komisi VI DPR RI asal Sumbar H Andre Rosiade, SE mengundang Menteri Investasi Bahlil Lahadalia untuk mendatangkan investasi industri pengolahan getah karet ke Sumbar

 ADINEGORO, METRO–Anggota Komisi VI DPR RI asal Sumbar H Andre Rosiade, SE mengundang Menteri Investasi Bahlil Lahadalia untuk mendatangkan investasi industri pengolahan getah karet ke Sumbar. Sebagai daerah penghasil getah karet, saat ini Sumatra Barat membu­tuh­kan pabrik pengolahan getah karet menjadi ba­rang jadi.

 ”Soal investasi di Sum­bar, tadi Pak Menteri kata­kan ada proyeksi investasi industri karet menjadi ban. Saya ingin sampaikan ke­pada Pak Menteri, sebagai anggota DPR RI yang me­wakili Sumatra Barat saya berharap Pak Menteri mem­bawa investasi karet ini ke Sumatera Barat,” kata Andre Rosiade yang juga ketua DPD Partai Ge­rin­dra Sumbar ini.

 Saat rapat kerja Komisi VI DPR RI dengan Menteri Investasi, Andre ­Rosiade ­me­ngatakan Sumbar me­miliki 141.131 hektare ke­bun karet. Sebagai daerah penghasil getah karet, saat ini Sumbar membutuhkan pabrik pengolahan getah karet menjadi barang jadi.

“Harapan saya in­ves­tasi industri karet yang menjadi rencana Pak Men­teri bisa masuk di Suma­tera Barat. Saya pastikan Bupati dan Wali Kota di Sumatera Barat siap me­nye­diakan lahan untuk Pak Menteri. Itu jaminan dari saya sebagai anggota DPR RI dapil Sumbar,” kata Andre.

Andre Rosiade menga­ta­kan, sepan­jang  ­kam­panye 2019 lalu, dia kerap mendapatkan keluhan war­ga Sumbar terkait ren­dah­nya harga karet atau getah karet yang disebut sebagai “gotah” di kawa­san Sijunjung dan Dhar­mas­raya. Bahkan, ada pe­tani yang membiarkan po­hon karet mereka tak tera­wat di kebun-kebun. Ka­rena, biaya produksi jauh lebih tinggi dari biaya jual­nya.

 ”Kami mendengar lang­­sung keluhan mereka. Salah satu yang membuat harga getah anjlok adalah pabrik pengolahannya yang tidak ada di sana. Dengan adanya investasi ola­han karet yang dekat de­ngan kebun-kebun pe­tani, kami yakin bisa men­jadi solusi. Apalagi pabrik ban yang tentu mem­bu­tuh­kan banyak bahan baku karet,” kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Mi­nang (IKM) ini.

 Sementara itu, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyambut permintaan Andre Rosiade yang sudah lama dikenalnya ini. Ia pun mempersilakan para ke­pala daerah di Sumatra Barat datang ke Kemen­terian Investasi untuk men­jelaskan kesiapan me­reka menerima investasi industri pengolahan karet tersebut.

 ”Dalam bisnis bia­sa­nya ada negosiasi. Ka­rena sejauh ini ada Sumatra Selatan, Sumatra Utara yang minta. Jadi kita cari kolaborasi yang tepat, ma­na yang pas. Kami akan bahas usulan dari pak An­dre Rosiade ini,” kata Bah­lil. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional