Close

Andre Rosiade Jenguk Mantan Gubernur Sumbar Azwar Anas Dirawat di RSPAD

JENGUK MANTAN GUBERNUR— Anggota DPR RI Andre Rosiade, menjenguk Gubernur Sumatra Barat dua periode (1977-1987) Ir Azwar Anas Datuak Rajo Sulaiman, yang sedang dirawat di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

JAKARTA, METRO–Anggota DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) Andre Rosiade, menjenguk Gubernur Sumatra Barat dua periode (1977-1987) Ir Azwar Anas Datuak Rajo Sulaiman. Gubernur kharismatik itu sedang dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soe­broto Jakarta. Azwar dirawat di rumah sakit lantaran mengalami gangguan per­napasan.

“Hari ini kita datang ke RSPAD Gatot Soebroto dalam rangka menjenguk tokoh nasional kita dari Sumatra Barat, Bapak Azwar Anas. Beliau adalah tokoh masyarakat Sumbar sampai hari ini masih banyak memberi­kan pikiran dan idenya untuk pembangunan Sumbar,” kata Andre Rosiade, Kamis (19/1) malam.

Anggota Fraksi Partai Gerindra itu mengatakan Azwar adalah salah satu tokoh Minang yang memiliki kontribusi besar bagi pembangunan Sumatra Barat dan Indonesia. Pria kelahiran Padang, 2 Agustus 1933, itu tercatat pernah menduduki berbagai jabatan strategis, baik di Provinsi Sumatra Barat maupun tingkat nasional.

“Beliau pernah menjadi Direktur Utama PT Semen Padang, Gubernur Sumatra Barat dua periode. Pembangunan Sumatra Barat pesat di saat beliau menjadi Gubernur. Lalu Menteri Perhubungan dan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat,” kata Andre Rosiade yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar.

Andre menyebutkan, Azwar Anas adalah tokoh nasional, orang tua dan ninik mamak seluruh ma­syarakat Sumatra Barat dan seluruh masyarakat Minangkabau. “Jadi, saat beliau sakit, tentu menjadi kabar duka bagi kita semua. Mengingat jasa-jasanya yang sangat banyak untuk Sumbar,” kata Ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Andre pun mengajak seluruh masyarakat, khu­susnya warga Sumatra Barat, mendoakan Azwar Anas segera sehat lagi dan dapat kembali berkontribusi pada pembangunan.

“Tentu kami seluruh masyarakat Sumatra Barat, masyarakat Minangkabau dimanapun berada mendoakan beliau supaya segera sembuh dan pulih kembali serta dapat ber­kon­tribusi membangun Sumatera Barat yang kita cintai,” kata Andre.

Diketahui, Letnan Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Ir. Azwar Anas gelar Datuak Rajo Sulaiman (lahir 2 Agus­­tus 1933) adalah seorang mantan perwira militer, birokrat, dan politikus Indonesia. Ia pernah dipercaya sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rak­yat pada Kabinet Pembangu­nan VI (19931998) setelah menjabat sebagai Men­teri Perhubungan In­do­nesia pada Kabinet Pem­­bangu­nan V (19881993). Sebelumnya ia menjabat sebagai Gubernur Sumatra Barat se­lama dua periode (19771987).

Diketahui, Azwar Anas mengakhiri perantauannya saat Gubernur Sumatra Barat Harun Zain me­mang­­gilnya pulang kampung halaman dengan menjadi Direktur PN Semen Padang 1968. Kala itu Sumbar porak-poranda akibat penumpasan Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI). Harun Zain memanggil para sarjana Minang di perantauan untuk pulang kembali mem­bangun Sumbar.

Kolonel Azwar Anas mulai memimpin Semen Padang dalam keadaan sekarat. Ia membenahi keadaan fisik pabrik dan merehabilitasi mental para karyawan melalui dakwah Islam. Ia berhasil membangkitkan perusahaan itu menjadi BUMN terkemuka di bawah Departemen Perindustrian. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top