Menu

Andre Rosiade Hadirkan Pelatihan Bartender dan Mekanik Roda Dua di Kota Padang

  Dibaca : 135 kali
Andre Rosiade Hadirkan Pelatihan Bartender dan Mekanik Roda Dua di Kota Padang
PELATIHAN— Anggota DPR RI Andre Rosiade memberikan pelatihan keterampilan untuk 20 orang calon bartender atau peracik kopi yang saat ini sangat dibutuhkan.

BELAKANG TANGSI, METRO–Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade terus memberikan manfaat untuk masyarakat di daerah pemilihnya (Dapil). Seperti memberikan pelatihan keteram­pilan menjadi bartender dan me­ka­nik roda dua untuk puluhan warga Kota Padang bersama Kementerian Perindustrian (Ke­men­perin) yang merupakan mitra dari Komisi VI.

Kegiatan ini sudah dilakukan Andre Rosiade beberapa kali sejak dilantik menjadi anggota DPR RI akhir 2019 lalu. Sebelumnya juga sudah ada pelatihan kon­veksi, pelatihan membuat kue, pelatihan membuat jus, pelatihan elektronik dan lain-lain. Digelar di Padang, Kabupaten Solok, Tanahdatar, Sijunjung dan Dharmaraya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang Suardi meng­apresiasi langkah yang dilakukan Andre Rosiade sebagai wakil rakyat dari Dapil Sumbar 1. Dia berte­rima kasih karena mem­berikan pelatihan untuk puluhan tenaga kerja di Kota Padang.

“Terima kasih pak An­dre Rosiade, semoga ke­gia­tan ini bisa terus berlan­jut dan juga diikuti oleh anggota dewan lain. Ka­rena, saat pandemi Covid-19 banyak yang kehilangan pekerjaan dan banyak ber­ku­rangnya lowongan kerja,” kata Suardi lagi.

Direktur Instruk Kecil Menengah (IKM) Pangan, Furnitur dan Bahan Bangu­nan Kemenperin, Riefky Yuswandi menyebutkan, kegiatan ini merupakan perhatian pe­me­rintah terhadap pekerja da­lam meningkatkan skill dan bersaing di dunia usa­ha.

“Kegiatan ini adalah bimbingan teknis produksi dan kewirausahaan IKM Kopi dan IKM roda dua di Kota Padang. Tujuannya untuk penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru (WUB) industri kecil 2021. Diadakan oleh Direk­torat IKM Pangan, Furnitur dan Bahan Bangunan, Dit­jen IKMA,” katanya.

Andre Rosiade me­nye­but­kan, sebagai anggota DPR yang bermitra dengan Kemenperin dia me­masti­kan pelatihan-pelatihan d­i­gelar di Sumbar. Ten­tunya akan sangat mem­bantu war­ga Sumbar yang juga terdampak pandemic Co­vid-19. Apalagi, pela­tihan IKM atau UMKM saat ini sangat diperlukan ka­rena sempitnya lapangan kerja.

“Di Kota Padang kita menggelar kegiatan pelati­han 20 orang calon bartender atau peracik kopi yang saat ini sangat di­butuhkan. Seiring men­jamur­nya warung kopi ba­ru di Kota Padang dan Sum­bar umumnya. Diharapkan dapat meningkatkan kuali­tas IKM yang ada di Kota Padang,” katanya.

Selain itu, kata Andre, juga 20 orang yang dilatih sebagai mekanik roda dua yang diikuti pemuda-pe­muda Kota Padang. “Kami berharap semua yang me­ngi­kuti pelatihan ini benar-benar dapat diserap di dunia kerja. Bisa juga mem­buka usaha sendiri, karena tujuannya untuk mem­ben­tuk wira usaha baru,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Pelatihan ini juga meng­angkat tema pentingnya memiliki izin dalam pe­ngem­bangan usaha dan pro­ses pendaftaran single system (OSS) oleh Dinas PM dan PTSP Padang. Se­lan­jutnya juga ada peman­faatan kredit usaha rakyat (KUR) dalam pengem­ba­ngan usaha industri (BRI Ca­bang Padang). Tentunya yang utama adalah instruk­tur dan pengajar berkua­litas terkait kewirausahaan selain skill bartender dan mekanik roda dua. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional