Menu

Andre Rosiade Failitasi Wali Kota dengan PTBA, Kembalikan Eks Tambang PTBA ke Pemko

  Dibaca : 130 kali
Andre Rosiade Failitasi Wali Kota dengan PTBA, Kembalikan Eks Tambang PTBA ke Pemko
FASILITASI—Anggota DRP RI Andre Rosiade fasilitasi Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dengan Direksi PT BA untuk pengembalian lahan eks tambang menjadi milik Pemko Sawahlunto.

SAWAHLUNTO, METRO–Anggota Komisi VI D­PR RI dari Fraksi Gerindra, Andre Rosiade fasilitasi pertemuan untuk mem­bahas pengalihan lahan pascatambang PT. Bukit Asam (PTBA) untuk Sa­wahlunto. Walikota Sa­wahlunto Deri Asta difasi­litasi dengan Direktur Utama Mining Industry Indonesia (MIND ID) O­rias Petrus Moedak, dan Direktur Utama PTBA, Suryo Eko Hadianto.

Dari pertemuan ter­sebut pihak MIND ID dan PTBA bersama Pemko Sa­wah­lunto sepakat bahwa proses pengalihan lahan pascatambang tersebut dapat dilanjutkan sesuai dengan mekanisme hu­kum (ketentuan dan re­gulasi yang berlaku). Ma­ka hasil kesepakatan ter­sebut akan dibawa bapak Andre Rosiade untuk di­sam­paikan kepada Men­teri BUMN Erick Tohir agar didapatkan tindak lanjut.

Anggota DPR RI Ko­misi VI Andre Rosiade menyampaikan, pert­e­muan tersebut meru­pa­kan tindak lanjut dari per­temuan dengan Menteri BUMN Erick Tohir. Dimana Erick Tohir meminta Andre dan Pemko Sawahlunto dalam membahas peng­a­lihan lahan pasca tambang ini segera bertemu de­ngan pihak MIND ID dan PTBA.

Andre mengatakan, pihaknya sudah mela­kukan komunikasi dengan Menteri BUMN Erick Tho­hir. Dalam komunikasi itu terungkap, permohonan pelepasan lahan PT.BA telah diteruskan Kemen­terian BUMN kepada Ke­menterian Keuangan dan PTBA agar segera mem­proses pembebasan lahan tersebut.

Dalam pertemuan itu Dirut MIND ID Orias Pe­trus Moedak mengatakan, ada mekanisme hukum yang harus ditempuh d­alam penyerahan lahan pasca-tambang PTBA yang tertuang dalam Permen BUMN Nomor 02/MBU/2010 tentang Tata Cara Penghapusbukuan dan Pemindahan Aktiva Tetap BUMN.

“Pemindahtanganan bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari penjualan, tukar menukar, ganti rugi, penyertaan modal atau cara lain yang kita sepakati. Mekanisme hukum ini yang harus kita lalui agar tidak menim­bulkan persoalan di kemu­dian hari,” kata Orias.

Sementara itu Direk­tur Utama PTBA, Suryo Eko Hadianto, menga­ta­kan pihaknya mendukung Pemkot Sawahlunto untuk memanfaatkan aset-aset PTBA, sehingga dapat digunakan untuk pem­ber­dayaan masyarakat. Ter­ha­dap area pasca­tam­bang yang dimanfaatkan untuk kepentingan peme­rintah, termasuk untuk kegiatan perkantoran, ins­tansi negara dan fasilitas umum, Suryo me­nga­ta­kan pihaknya akan melak­sanakannya sesuai de­ngan ketentuan dan pro­sedur berlaku.

“Pada dasarnya PTBA tidak keberatan lahan pas­ca-tambang ini diman­faatkan untuk pemba­ngu­nan Kota Sawahlunto, te­ta­pi kami pihak mana­jemen selalu berorientasi pada landasan hukum dan atas izin Kementerian BUMN,” kata Suryo.

Pertemuan tersebut menurut Walikota Sawah­lunto Deri Asta sangatlah berperan besar dan stra­tegis dalam progres (per­kembangan) pengalihan lahan pasca tambang PT­BA untuk Sawahlunto. Un­tuk itu Walikota Deri Asta menyampaikan, terima­kasih sebesar – besarnya kepada Andre Rosiade dan jajaran Direksi MIND ID dan PT.BA.

“Dengan pertemuan ini, setelah pertemuan dengan Menteri BUMN, adalah perkembangan yang sangat strategis. Kami yakin, dengan kese­pakatan yang kita capai sekarang, artinya kita telah menemukan satu visi, satu kesamaan pan­dangan. Dengan itu maka selanjutnya tinggal kita laporkan kembali kepada bapak Erick Tohir melalui bapak Andre Rosiade. Se­telahnya akan muncul langkah tindak lanjut,” ujar Deri Asta.

Deri Asta mengata­kan, pemko dan masyarakat Sawahlunto memang sa­ngat membutuhkan keje­la­san dari pengalihan la­han pasca tambang PTBA tersebut. Sebab memang lebih dari separoh wilayah Kota Sawahlunto tercatat sebagai lahan aset PTBA.

“Pembangunan Sa­wah­lunto ke depan, salah satu faktor besar yang menentukan adalah ten­tang pengalihan lahan pasca tambang dari PTBA ini. Karena itu, kami terus dan fokus melakukan u­paya – upaya dalam me­rea­lisasikan hal tersebut. Alhamdulillah, kita ter­nyata mendapat du­ku­ngan dari bapak Andre Rosiade, bapak Erick Tohir dan sekarang bapak Di­rektur MIND ID dan PT­BA,” sebut Deri Asta.

Dalam pertemuan itu, Walikota Deri Asta di­dampingi Ketua DPRD Sawahlunto, Ny Eka Wah­yu. Dikatakan Ny Eka Wah­yu kehadiran dirinya mendampingi Walikota Sawalunto tersebut me­nunjukkan pihak legislatif Kota Sawahlunto telah sepakat dan mendukung upaya Pemko Sawahlunto dalam mengurus penga­lihan lahan pasca tambang PTBA. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional